MAMBA’UL ROHMAH, 17208153007 (2019) PENGARUH STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII MTS AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (955kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (307kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (283kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Pengaruh Strategi Contextual Teaching and Learning dengan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung” ini ditulis oleh Mamba’ul Rohmah, NIM. 17208153007, pembimbing Dr. Agus Purwo Widodo M.Pd. Kata kunci: CTL, Mind Mapping, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya semangat siswa dalam belajar IPA, kurangnya pengorganisasian isi materi pelajaran yang membuat siswa sulit memahami konsep dan menghubungan materi dengan kehidupan sehari-hari, strategi yang digunakan kurang bervariasi, dan kurangnya interaksi guru dengan siswa. Dalam hal ini, peneliti menerapkan strategi Contextual Teaching and Learning dengan metode Mind Mapping dalam kaitannya dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh strategi Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung, (3) Untuk mengetahui interaksi antara strategi Contextual Teaching and Learning dengan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitiannya adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 117 siswa. Banyaknya sampel dalam penelitian ini adalah 76 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling dengan kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Metode analisis data penelitian yang pertama uji validitas dan reliabilitas, selanjutnya uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian analisis akhir menggunakan uji Anava dua jalur dengan bantuan SPSS 16.0. Berdasarkan hasil penelitian, (1) Diketahui pembelajaran dengan nilai F hitung = 2,829 ≥ Ftabel = 1,85 dan nilai sig. 0,008 < 0,05, H0 ditolak maka disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung, (2) Hasil Mind Mapping dengan nilai Fhitung = 14.026 ≥ Ftabel = 1,85 dan nilai sig. 0,000 < 0,05 H0 ditolak maka disimpulkan bahwa ada pengaruh Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung, (3) Interaksi pembelajaran dan Mind Mapping dengan nilai Fhitung = 3.243 ≥ Ftabel = 1,85 dan nilai sig. 0,029 < 0,05 H0 ditolak maka disimpulkan bahwa ada interaksi/pengaruh strategi Contextual Teaching and Learning dengan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTs Al-Ma’arif Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 17208153007 MAMBA’UL ROHMAH |
Date Deposited: | 05 Jul 2019 02:07 |
Last Modified: | 05 Jul 2019 02:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11878 |
Actions (login required)
View Item |