KREATIVITAS PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG

NILA HUSNA ALFI ROHMAH, 17205153040 (2019) KREATIVITAS PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (131kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (121kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Nila Husna Alfi Rohmah, NIM. 17205153040, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A., NIP. 19740408 200710 1 003. Kata Kunci : Kreativitas, lingkungan sekolah, sumber belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa seorang guru haruslah berkreatif dalam penggunaan sumber belajar guna meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, seperti membawa sesuatu dari lingkungan ke dalam kelas, atau membawa siswa dari kelas ke lingkungan. Biarkan siswa asyik belajar dengan lingkungannya. Dengan demikian, perpaduan antara pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, maka siswa akan lebih tertarik untuk mempelajari materi yang disampaikan dan tentunya akan membuat siswa mudah memahami apa yang disampaikan oleh gurunya tersebut. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kreativitas guru dalam memanfaatkan lingkungan alam asli sebagai sumber belajar di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung, (2) Untuk mengetahui kreativitas guru dalam memanfaatkan lingkungan alam buatan sebagai sumber belajar di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung, (3) Untuk mengetahui kreativitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sosial sebagai sumber belajar di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu: triangulasi, pemeriksaan sejawat, dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kreativitas guru memanfaatkan lingkungan alam asli sebagai sumber belajar di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung yaitu: a) guru mempertimbangkan beberapa kriteria sebelum menentukan sumber belajar yang akan digunakan, b) guru mampu menguasai sumber belajar, c) guru mempersiapkan RPP, d) guru menyesuaikan materi dengan sumber belajar yang akan digunakan, e) guru jika diperlukan dapat membawa sumber belajar dari alam ke dalam kelas agar dapat digunakan setiap saat. (2) Kreativitas guru memanfaatkan lingkungan alam buatan sebagai sumber belajar di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung yaitu: a) sumber belajar yang digunakan disesuaikan dengan tujuan, kondisi, dan lingkungan belajar peserta didik, b) guru menciptakan lingkungan belajar dengan berbagai perlengkapan belajar, c) guru menyiapkan berbagai macam referensi untuk membantu menambah wawasan siswa, d) guru menyesuaikan materi yang akan disampaikan dengan kondisi sekolah, e) guru memastikan lingkungantersebut dapat menjawab rasa keingintahuan siswa. (3) Kreativitas guru memanfaatkan lingkungan sosial sebagai sumber belajar di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung yaitu: a) guru dan siswa menentukan tujuan belajar yang diharapkan setelah melaksanakan kegiatan belajar, b) guru menentukan objek yang akan dikunjungi disesuaikan dengan tema atau materi yang akan dipelajari, c) guru menentukan cara belajar siswa pada saat kunjungan dilakukan, d) guru mempersiapkan perizinan jika diperlukan, e) guru melakukan persiapan teknis yang diperlukan untuk kegiatan belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Kreativita 17205153040 Nila Husna Alfi Rohmah
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:32
Last Modified: 09 Apr 2020 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11883

Actions (login required)

View Item View Item