STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG 2018/2019

NURUL FITRIANI, 17201153425 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (522kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung tahun 2018/2019”. Skripsi ini ditulis oleh Nurul Fitriani NIM 17201153425 Dosen pembimbing Zainudin, S. Ag., M.Pd.I Kata kunci : Strategi guru, kesulitan belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan belajar pasti terjadi dalam setiap mata pelajaran termasuk pada mata pelajaran fiqih baik itu yang sifatnya ringan atau berat. pelajaran ini merupakan pelajaran yang sangat penting karena dalam belajar fiqih kita dapat mengetahui hukum-hukum syara’ yang amaliah (mengenai perbuatan, perilaku) dengan melalui dalil-dalil yang terperinci dan selalu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap guru senantiasa mengharapkan siswa supaya dapat mencapai hasil belajar yang maksimal baik dari ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik. Namun pada kenyataannya dalam kegiatan belajar siswa tidaklah selalu lancar seperti apa yang diharapkan guru, terkadang mereka mengalami kesulitan dalam belajar. Untuk itu dalam setiap kegiatan proses belajar mengajar, para guru bidang studi selalu berusaha menggunakan berbagai strategi untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dengan tujuan memberikan yang terbaik bagi siswanya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Apa sebab-sebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana dampak strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dan dalam menganalisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui triangulasi, perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian ini bahwa: (1) penyebab kesulitan belajar siswa kelas VII dalam mengikuti mata pelajaran fiqih adalah ada dua yaitu dari dalam diri siswa (intern) dan diluar dari siswa (eksternal). Fakor internal antara lain: kurangnya minat, kurang pahamnya siswa terhadap materi, malas, kurangnya konsentrasi dan. Motivasi. Sedangkan faktor eksternal antara lain: guru, orang tua, lingkungan, dan teman bergaul. (2) strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII adalah dengan kesiapan guru dalam menyampaikan materi, Menggunakan strategi Pembelajaran Ekspositori dan Kontekstual, lebih xiv menekankan tekhnik hafalan, selingan humoris dan permainan dalam menyampaikan materi, memberikan motivasi kepada peserta didik, dan metode yang bervariasi, (3) Dampak strategi yang dilakukan terhadap hasil belajar siswa siswa kelas VII adalah di dalam aspek kognitif terjadi perubahan pada nilai siswa dan pengetahuan siswa, dalam aspek afektif terjadi perubahan sikap siswa, siswa yang sebelumnya bersikap kurang sopan dan disiplin sekarang sudah membaik, siswa yang sebelumnya mengeluarkan bajunya kemudian memasukkan bajunya setelah adanya berbagai upaya yang telah dilakukan guru. Sedangkan dalam aspek psikomotor terjadi perubahan pada keterampilan siswa yang sebelumnya belum bisa shalat menjadi bisa shalat

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153425 NURUL FITRIANI
Date Deposited: 04 Jul 2019 07:01
Last Modified: 04 Jul 2019 07:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11885

Actions (login required)

View Item View Item