PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIQIH PADA KELAS VIII DI MTSN 7 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD JIBRIL, 17201153298 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIQIH PADA KELAS VIII DI MTSN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (791kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (695kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (993kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual (Video) Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih Pada Kelas VIII Di MTsN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Jibril, NIM. 17201153298, dosen pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata kunci : Media Audio-Visual, minat belajar, hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan teknologi dalam proses pembelajaran yang diharapkan dapat lebih memberikan kemudahan, kemandirian, ketertarikan siswa dalam pemberian materi pembelajaran. Agar siswa berminat untuk belajar dan dapat memahami materi dengan baik. Salah satunya penggunaan media pembelajarannya Audio Visual (Video). Oleh karena itu penulis mengambil judul,“Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual (video) Terhadap Minat Belajar dan Hasil belajar dalam Mata Pelajaran Fiqih Pada Kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung”. Rumusan masalah penelitian ini adalah “(1) Adakah pengaruh penggunaan media audio-visual (video) terhadap minat belajar siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih pada kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh penggunaan media audio-visual (video) terhadap hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih pada kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh penggunaan media audio-visual (video) terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih pada kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media audio visual (Video) terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 7 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain quasi experiment, Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII, dengan jumlah populasi 263 dengan sampel 76 siswa yang dibagi menjadi 2 yaitu kelas VIII F dengan jumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B dengan jumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian adalah angket berjumlah 30 dan tes dengan 40 butir pernyataan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik adalah uji validitas,uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat di simpulkan bahwa: (1) Penggunaan media pembelajaran audio-visual (Video) berpengaruh terhadap minat belajar siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih Pada Kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung, dengan nilai signifikasinya kurang dari 0,05, yaitu dengan nilai signifikasi 0,000. (2) Penggunaan media pembelajaran audio-visual (Video) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih Pada Kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung, dengan nilai signifikasinya kurang dari 0,05, yaitu dengan nilai signifikasi 0,000. (3) Penggunaan media pembelajaran audio-visual (Video) berpengaruh terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih Pada Kelas VIII di MTsN 7 Tulungagung dengan nilai signifikasinya kurang dari 0,05, yaitu dengan nilai signifikasi 0,000, dengan demikian, hipotesis alternatif diterima semuanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: skripsi 17201153298 muhammad jibril
Date Deposited: 11 Jul 2019 06:49
Last Modified: 11 Jul 2019 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11901

Actions (login required)

View Item View Item