USAHA GURU DALAM MENGATASI RENDAHNYA MINAT BACA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAKHUL FALAH KAYEN KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

LUQY SANATA, 17205153115 (2019) USAHA GURU DALAM MENGATASI RENDAHNYA MINAT BACA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAKHUL FALAH KAYEN KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Mengatasi Rendahnya Minat Baca Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Miftakhul Falah Kayen Kademangan Blitar” ini di tulis oleh Luqy Sanata, NIM 17205153115, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh: Drs.H. Jani, MM., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Minat Baca Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa masih banyaknya peserta didik SD/MI yang kurang menyadari betapa pentingnya membaca, pada zaman sekarang peserta didik kurang minat membaca pelajaran yang dipelajari. Hal ini akan berdampak menurunnya minat baca peserta didik, sehingga minat baca peserta didik rendah. Oleh sebab itu, perlu suatu strategi yang sesuai dan tepat dari guru dalam meningkatkan minat baca peserta didiknya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah konsep guru dalam mengatasi kurangnya minat baca peserta didik di MI Miftakhul Falah kayen Kademangan? (2) Bagaimanakah pelaksanaan guru mengatasi kurangnya minat baca tulis peserta didik di MI Miftakhul falah Kayen Kademangan? (3) Bagaimanakah hambatan guru mengatasi kurangnya minat baca tulis peserta didik di MI Miftakhul Falah Kayen Kademangan? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan konsep guru dalam mengatasi kurangnya minat baca peserta didik di MI Miftakhul Falah kayen Kademangan. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan guru mengatasi kurangnya minat baca tulis peserta didik di MI Miftakhul falah Kayen Kademangan. (3) Mendeskripsikan hambatan guru mengatasi kurangnya minat baca tulis peserta didik di MI Miftakhul Falah Kayen Kademangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian terletak di Madrasah Ibtidaiyah Miftakhul falah Kayen Kademangan Blitar. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumetasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) Konsep guru dalam meningkatkan minat baca peserta didik yaitu dalam bentuk strategi. Guru merencanakan dari mengadakan konsep berupa inovasi dalam mengembangkan minat baca peserta didik dari segi pengenalan perpustakaan dan aplikasi buku bacaan, memberi motivasi dan dorongan kepada peserta didik bahwa pentingnya membaca, membuat pertanyaan yang sesuai dalam materi yang diajarkan, memberikan stimulus terhadap peserta didik. (2) pelaksanaan yang guru terapkan dalam meningkatkan minat baca peserta didik yaitu dalam pelaksanaan yang guru lakukan sudah sesuai dengan apa yang sudah direncanakan dan terkonsepkam yaitu guru menjadwalkan pengunjungan perpustakaan, mendirikan pojok baca, xi memberi stimulus terhadap peserta didik dan mendorong peserta didik untuk bercerita tentang apa yang telah didengar atau yang dibacanya. (3) Faktor penghambat guru dalam meningkatkan minat baca peserta didik yaitu kurangnya variasi buku, minimnya koleksi buku yang ada di perpustakaan dan di kelas-kelas khususnya program pojok baca, literasi, dan masih ada siswa yang belum bisa membaca

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153115 LUQY SANATA
Date Deposited: 04 Jul 2019 06:49
Last Modified: 04 Jul 2019 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11908

Actions (login required)

View Item View Item