INDRI NOFIYANTI, 17205153053 (2019) HUBUNGAN ANTARA INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) TERHADAP KONSENTRASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI AL-HIDAYAH KANDAT KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (711kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (465kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (354kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (503kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (207kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (96kB) |
Abstract
ABSTRAK Indri Nofiyanti, 17205153053, Hubungan antara Intelligence Quotient (IQ) terhadap Konsentrasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas IV MI Al-Hidayah Kandat Kediri. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing Dr. H. Nursamsu, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Intelligence Quotient (IQ), Konsentrasi Belajar dan Prestasi Belajar. Inteligensi merupakan suatu kemampuan mental yang melibatkan proses berfikir secara rasional. Studi baru yang dilakukan oleh Michael D. Melnick dan Duje Tadin pada jurnal Current Biology bahwasanya IQ bisa diukur melalui konsentrasi yang dimiliki setiap individu. Semakin tinggi seseorang dalam berkonsentrasi maka semakin tinggi pula tingkat kecerdasannya. IQ tidak hanya berpengaruh pada konsentrasi belajar saja tetapi juga berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Semakin tinggi seseorang dalam berprestasi semakin tinggi pula kemapuan Intelligence Quotient (IQ). Berdasarkan dokumentasi nilai tes IQ dan rapot peserta didik kelas IV terlihat beberapa anak dengan nilai IQ tinggi memiliki konsentasi rendah dan prestasi belajar yang rendah dan sebaliknya dengan konsentrasi dan prestasi belajar tinggi tapi kemampuan IQ-nya rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Adakah hubungan antara Intelligence Quotient (IQ) terhadap konsentrasi belajar peserta didik kelas IV MI Al-Hidayah Kandat Kediri?, (2) Adakah hubungan antara Intelligence Quotient (IQ) terhadap prestasi belajar peserta didik kelas IV MI Al-Hidayah Kandat Kediri?, (3) Adakah hubungan antara Intelligence Quotient (IQ) terhadap konsentrasi dan prestasi belajar peserta didik kelas IV MI Al-Hidayah Kandat Kediri?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan hubungan antara Intelligence Quotient (IQ) terhadap konsentrasi belajar peserta didik kelas IV MI Al-Hidayah Kandat Kediri, (2) Untuk menjelaskan hubungan antara Intelligence Quotient (IQ) terhadap prestasi belajar peserta didik kelas IV MI Al-Hidayah Kandat Kediri, (3) Untuk menjelaskan hubungan antara Intelligence Quotient (IQ) terhadap konsentrasi dan prestasi belajar peserta didik kelas IV MI Al-Hidayah Kandat Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi, teknik sampling menggunakan non probability sampling dengan jenis sampel jenuh. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Al-Hidayah Kandat Kediri dan sampel yang diambil adalah kelas IV-B MI Al-Hidayah Kandat Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test dan uji anova 2 jalur (MANOVA), yang sebelumnya diuji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan positif yang signifikan antara IQ terhadap konsentrasi belajar peserta didik MI Al-Hidayah,yang dibuktikan dengan harga Fhitung (18.309) > Ftabel (4,46) dan memiliki taraf sig. 0,000 < 0,05. Maka, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Semakin tinggi IQ seseorang maka semakin tinggi pula konsentrasi belajar yang dimiliki. (2) Ada hubungan positif signifikan antara IQ terhadap prestasi belajar peserta didik MI Al-Hidayah, yang dibuktikan dengan nilai Fhitung (1.127) > Ftabel (4,46) dan memiliki taraf sig. 0, 015 < 0,05. Maka, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Semakin tinggi IQ seseorang semakin tinggi pula prestasi belajar peserta didik. (3) Ada hubungan positif signifikan antara IQ terhadap konsentrasi dan prestasi belajar peserta didik MI Al-Hidayah, yang dibuktikan dengan nilai sig < 0,05, sehingga dalam pengujian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Semakin tinggi IQ seseorang maka semakin tinggi pula konsentrasi dan prestasi belajar peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153053 INDRI NOFIYANTI |
Date Deposited: | 10 Jul 2019 06:52 |
Last Modified: | 10 Jul 2019 06:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11927 |
Actions (login required)
View Item |