PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN (PAIKEM) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MIN 11 BLITAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

USWATUN HASANAH, 17205153308 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN (PAIKEM) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MIN 11 BLITAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER FIKS.pdf

Download (763kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I fiks.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II fiks.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text
BAB III fiks.pdf

Download (684kB)
[img] Text
BAB IV fiks.pdf

Download (946kB)
[img] Text
BAB V fiks.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB VI fiks.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (164kB)

Abstract

ABSTRAK Uswatun Hasanah, 17205153308. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika MIN 11 Blitar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung Pembimbing: Dr. Khoirul Anam, M. Pd. I Kata Kunci: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM), Motivasi belajar, Hasil Belajar, Pendidikan merupakan sistem yang tersruktur mengemban misi yang cukup luas yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan perkembangan fisik, keterampilan, perasaan, fikiran, kemauan sosial sampai kepada masalah kepercayaan dan keimanan. Hal ini menunjukkan bahwa manusia tidak hanya dituntut mengembankan potensi pendidikan untuk masa depan yang lebih baik, tetapi juga memperdalam ilmu pengetahuan yang mampu menjadikan manusia beriman dan bertaqwa. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan cara belajar. Belajar adalah suatu proses yang menghasilkan perubahan perilaku yang dilakukan dengan sengaja untuk memperoleh pengetahuan, kecakapan dan pengalaman baru kearah yang lebih baik. Diharapkan dengan adanya perubahan pada peserta didik setelah mengalami proses pendidikan (belajar) baik berubahnya tingkah laku individu dan kehidupan pribadinya maupun kehidupan masyarakat dan alam sekitarnya dimana individu itu hidup Dalam permasalahan tersebut, penulis mencoba meneliti mengenai Pengaruh Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika MIN 11 Blitar. Adapun Tujuan dari penelitian yang dilakukan ialah: (1) Untuk mengatahui pengaruh Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenagkan (PAIKEM) terhadap motivasi belajar siswa Mata pelajaran Matematika di MIN 11 Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Aktif, InovatKreatif, Efektif, Menyenagkan (PAIKEM) terhadap hasil belajar siswa Mata pelajaran Matematika di MIN 11 Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenagkan (PAIKEM) terhadap motivasi dan hasil belajar Mata pelajaran Matematika di MIN11 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ekperimen, dengan desain penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV MIN 11 Blitar yang berjumlah 49. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara proporsiv sapling. Sampel yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 peserta didik dan peserta didik kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal angket, soal tes dan data dokumentasi. Intrumen soal sebelum digunakan untuk mendapatkan data, terlebih dahulu dilakukan dalam menguji validitas dan reliabelitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis, maka uji analisis yang digunakan adalah uji manova. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM) berpengaruh positif yang signifikan terhadap Motivasi Belajar, Berdasarkan analisis uji MONOVAdiperoleh nilai tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian menolak Ho dan menerima Ha. (2) Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM) berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar. Berdasarkan analisis uji MANOVA nilai tingkat signifikansi 0,002 < 0,05. Dengan demikian menolak Ho menerima Ha. (3) penerapan Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM) berpengaruh positif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar. Berdasarkan analisis uji MANOVA diperoleh nilai tingkat 0,000 < 0,05. Demikian menolak Ho menerima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM) berpengaruh positif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika MIN 11 Blitar

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153308 USWATUN HASANAH
Date Deposited: 10 Jul 2019 04:52
Last Modified: 10 Jul 2019 04:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12034

Actions (login required)

View Item View Item