Ahmad, Muzakki (2012) Implemntasi Pelaksanaan Pendidikan Agam islam di SDN Pucangan II Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
BAB I.docx Download (37kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (78kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (47kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (729kB) |
|
Text
COVER.docx Download (162kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (24kB) |
Abstract
Kata kunci: Implementasi pelaksanaan pendidikan Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam yang yang cukup baik di SDN Pucangan II. Hal tersebut terbukti dari adanya antusias belajar siswa yang cukup tinggi, jarang ada siswa yang membolos dan keberhasilan pembelajaran yang cukup signifikan. Fokus penelitian dalam penulisan sekripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pendidikan agama Islam di SDN Pucangan II. (2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam di SDN Pucangan II. (3) Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat pendidikan agama Islam di SDN Pucangan II Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui perencanaan pendidikan agama Islam di SDN Pucangan II. (2) Mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam di SDN Pucangan II. (3) Mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pendidikan agama Islam di SDN Pucangan II Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya dengan reduksi data, pengecekan keabsahan temuan dengan triangulasi dan perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dalam melakukan pembelajaran pendidikan agama Islam, guru biasanya melakukan persiapan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Implementasinya adalah guru mata pelajaran pendidikan agama Islam selalu melakukan persiapan sebelum melakukan pembelajaran yang tertuang dalam SILABUS dan RPP. (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran, pembelajaran pendidikan agama Islam yang ada di SDN Pucangan II dilakukan dengan menggunakan menggunakan lebih dari satu metode. Hal ini berarti guru tersebut menggunakan banyak metode pembelajaran. Dalam hal penyediaan materi pembelajaran, guru mulai melakukan sebuah strategi yaitu inovasi dalam penyediaan materi pembelajaran, misalnya dengan membuat materi sendiri dan mencatatkannya. Dalam hal penggunaan media pembelajaran, guru mata pelajaran pendidikan agama islam hanya memakai media pembelajaran yang berupa papan tulis dan buku atau berupa alat pembelajaran yang kurang menarik motivasi siswa untuk lebih giat dalam belajar. Dalam hal evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan di SDN Pucangan II, dilakukan per Kompetensi Dasar, namun tidak hanya melalui evaluasi tertulis, tetapi juga evaluasi lisan dan praktek. (3) factor pendukung pendidikan agama Islam di SDN Pucangan II adalah adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan para wali murid, Keaktifan dan antusias para siswa dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan agama Islam, Adanya taman pendidikan Al-Quran atau TPA di dekat sekolah sedangakan factor penghambat pendidikan agama Islam di SDN Pucangan II adalah belum adanya perpustakaan dan buku-buku pendidikan agama islam sebagai penunjang dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, sehingga para siswa hanya berpegangan pada buku paket saja, Dukungan orang tua terhadap pendidikan agama bagi anak sangat kurang, hal itu menyebabkan anak menjadi kurang begitu perhatian terhadap pentingnya pendidikan agama islam, Perbedaan kemampuan siswa dalam menerima materi, membuat proses pembelajaran berjalan lambat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 10 Feb 2015 08:18 |
Last Modified: | 10 Feb 2015 08:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1208 |
Actions (login required)
View Item |