PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LEARNING COMMUNITY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

BADRIYATUL ULUM, 17204153022 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LEARNING COMMUNITY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Learning Community Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Badriyatul Ulum, NIM. 17204153022, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Learning Community, Minat, Hasil Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya siswa dalam menerima pembelajaran khususnya matematika. Hal ini disebabkan oleh minat yang dimiliki siswa cenderung rendah, dengan rendahnya minat siswa akan berakibat pada hasil belajar yang semakin menurun. Oleh karena itu, diperlukan inovasi pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengkontruksi sendiri pengetahuannya, salah satunya dengan pembelajaran kontekstual berbasis Learning Community. Melalui pembelajaran kontekstual berbasis Learning Community akan lebih menarik dan bermakna karena materi pelajaran dikaitkan dengan masalah-masalah kehidupan sehari-hari. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis Learning Community terhadap minat belajar siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis Learning Community terhadap hasil belajar siswa, (3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis Learning Community terhadap minat dan hasil belajar siswa pada kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain Quasi Experimental dengan jenis Nonequivalent Control Grub. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Teknik Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I (kelas ekperimen) dan VIII-H (kelas kontrol). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis Learning Community terhadap minat belajar siswa. Terbukti dengan nilai sig. 0,002 < 0,05, (2) ada pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis Learning Community terhadap hasil belajar siswa. Terbukti dengan nilai sig. 0,002 < 0,05, (3) ada pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis Learning Community terhadap minat dan hasil belajar siswa. Terbukti dengan nilai sig. 0,000 < 0,05

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153022 BADRIYATUL ULUM
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:30
Last Modified: 12 Jul 2019 04:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12090

Actions (login required)

View Item View Item