PENGARUH KECERDASAN INTELIGENSI (IQ) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII MTsN 3 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD ABIDIN, 17201153261 (2019) PENGARUH KECERDASAN INTELIGENSI (IQ) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Inteligensi (IQ) dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Fiqih Siswa Kelas VIII MTsN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Abidin, NIM 17201153261, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan , Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muhammad Muntahibun Nafis, M. Ag Kata Kunci: Inteligensi (IQ), Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar Fiqih. Skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya anggapan bahwa inteligensi merupakan bekal potensial yang akan memudahkan dalam belajar dan pada gilirannya akan menghasilkan performansi yang optimal. Hal ini didukung oleh fakta bahwa lembaga-lembaga Pendidikan lebih bersedia menerima calon siswa yang menampakkan indikasi kemampuan intelektual tinggi daripada yang tidak. Padahal fenomena yang ada menunjukkan bahwa tidak sedikit orang dengan IQ tinggi yang berprestasi rendah, dan ada banyak orang dengan IQ sedang yang dapat mengungguli prestasi belajar orang dengan IQ tinggi. Fakta lain mengatakan seringkali anak didik yang tergolong cerdas tampak bodoh karena tidak memiliki motivasi untuk mencapai prestasi sebaik mungkin. Hal ini menunjukkan seorang anak didik yang cerdas, apabila memiliki motivasi belajar yang rendah maka dia tidak akan mencapai prestasi akademik yang baik begitupun sebaliknya. MTsN 3 Tulungagung termasuk MTsN yang bagus dan maju, di Sekolah ini melahirkan siswa-siswi yang cerdas, beberapa siswa siswinya mengikuti lomba antar Kabupaten, Provinsi bahkan tingkat Nasional. Tapi ada juga beberapa siswa siswinya yang masih kurang. Rumusan masalah ini adalah : (1) Adakah pengaruh kecerdasan inteligensi (IQ) terhadap prestasi belajar fiqih siswa kelas VIII MTsN 3 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar fiqih siswa kelas VIII MTsN 3 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh antara kecerdasan Inteligensi (IQ) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fiqih siswa kelas VIII MTsN 3 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam pengambilan sampel menggunakan random sampling yaitu pengambian sampel secara acak. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan kuiesioner dan observasi. Metode analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian diperoleh adalah thitung 2.594 > nilai rtabel 1.994 dan nilai signifikansi 0.12 > 0.05 yaitu H1 diterima karena pengaruh positif yang signifikan antara kecerdasan Inteligensi terhadap prestasi belajar fiqih. Selanjutnya thitung 5.749 > nilai rtabel 1.994 dan nilai signifikansi 0.00 < 0.05 yaitu H2 diterima karena pengaruh positif yang signifikasi antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar fiqih. Dan yang terakhir fhitung 16.555> nilai ftabel 3,13 dan nilai signifikansi 0.00 < 0.05 yaitu H3 diterima karena pengaruh positif yang signifikan antara kecerdasan inteligensi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fiqih.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153261 MUHAMMAD ABIDIN
Date Deposited: 18 Jul 2019 06:59
Last Modified: 18 Jul 2019 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12192

Actions (login required)

View Item View Item