MUSYAROFATUL QIROH, 17209153021 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII MTS AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (735kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (693kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (917kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (910kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (638kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (948kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (331kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung” ini ditulis oleh Musyarofatul Qiroh, NIM 17209153021, dosen pembimbing Musrikah, M. Pd. Kata Kunci : Mind Mapping, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar IPS peserta didikrendah dikarenakan beberapa faktor. Diantara faktor tersebut adalah pembelajaran yang hanya diisi dengan ceramah mebuat siswa mudah bosan dalam pembelajaran sehingga suasana kelas kurang kondusif. siswa tidak terlibat dalam proses pembelajaran dan siswa juga kurang kreatif dalam mengungkapkan ide yang telah di dapat dalam pembelajaran. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar maka guru dapat menggunakan pendekatan dengan model pembelajaran mind mapping. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar IPS antara yang menggunakan model pembelajaran mind mapping dan konvensional pada peserta didik kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung ? (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan pengguna model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPS materi kehidupan manusia pada masa-pra-aksara peserta didik kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung ? (3) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPS materi kehidupan manusia pada masa pra-aksara peserta didik VII MTs Al-Ma’arif Tlungagung ? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPS antara yang menggunakan model pembelajaran mind mapping dan konvensional, untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar, dan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Dengan model pembelajaran mind mapping sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Instrument yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni kelas VII-C sebagai kelas Kontrol dengan jumlah 50 siswa dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 50 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode posttest uji t-test. Dan penghitungan effect size dengan rumus Cohen’s untuk menegtahui besarnya pengaruh. Hasil penelian menunjukkan bahwa ; (1) hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran mind mapping rata-rata 85,10 diatas KKM lebih baik dari model pembelajaran konvensional, (2) ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai = 6,642 dan pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,658 sehingga nilai nilai > , (3) besarnya pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar sebesar 97,7% yang mana presentase tersebut tergolong tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 17209153021 MUSYAROFATUL QIROH |
Date Deposited: | 26 Jul 2019 03:01 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 03:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12225 |
Actions (login required)
View Item |