RANI DEVITASARI, 17204153177 (2019) KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
||
Text
Abstrak.pdf Download (382kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (233kB) |
||
|
Text
Bab I.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text
Bab IV.pdf Download (2MB) |
||
Text
Bab VI.pdf Download (92kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (299kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kecerdasan Logis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII MTsN 2 Tulungagung” ditulis oleh Rani Devitasari, NIM. 17204153177 pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata kunci : Kecerdasan Logis Matematis, Kemampuan Matematika Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman terkait konsep matematika siswa dalam memecahkan dan menyelesaikan soal cerita. Hal ini disebabkan karena kecerdasan logis matematis siswa yang rendah. Dalam hal ini, kecerdasan logis matematis sangat mempengaruhi tingkat kemampuan matematika siswa dalam mengerjakan soal. Oleh sebab itu, kecerdasan yang dimiliki siswa perlu dikembangkan dan diasah dengan banyak latihan dalam mengerjakan soal cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan kecerdasan logis siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal cerita siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung, 2) Untuk mendeskripsikan kecerdasan logis siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal cerita siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung, 3) Untuk mendeskripsikan kecerdasan logis siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal cerita siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G MTsN 2 Tulungagung dengan sampel penelitian sebanyak 6 siswa (2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah). Teknik pengumpulan data berupa hasil observasi, tes tulis, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilihat dari ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini adalah mesdeskripsikan bahwa : 1) Kecerdasan logis matematis siswa berkemampuan matematika tinggi adalah mampu memenuhi indikator perhitungan secara matematis, berpikir logis, pemecahan masalah, pertimbangan induktif dan deduktif, dan ketajaman terhadap pola-pola serta hubungan, 2) Kecerdasan logis matematis siswa berkemampuan matematika sedang adalah mampu memenuhi indikator pemecahan masalah, pertimbangan induktif dan deduktif, dan ketajaman terhadap pola-pola serta hubungan, tetapi tidak dapat memenuhi perhitungan secara matematis dan berpikir logis, 3) Kecerdasan logis matematis siswa berkemampuan matematika rendah adalah mampu memenuhi indikator berpikir logis dan ketajaman terhadap pola-pola serta hubungan, tetapi tidak dapat memenuhi perhitungan secara matematis, pemecahan masalah, dan pertimbangan induktif dan deduktif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153177 RANI DEVITASARI |
Date Deposited: | 19 Jul 2019 06:50 |
Last Modified: | 19 Jul 2019 06:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12230 |
Actions (login required)
View Item |