PENGARUH PEMBERIAN POSTTEST TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

NIKMATUL KHOIRIYAH, 17205153192 (2019) PENGARUH PEMBERIAN POSTTEST TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (841kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (522kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Ulangan Harian Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Matapelajaran Matematika di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung” ditulis oleh Nikmatul Khoiriyah, NIM. 17205153192, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci : Ulangan Harian, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta pada pembelajaran di SDI Miftahul Huda Plosokandang. Dalam proses pembelajaran, ulangan harian merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar. Namun pada kenyataannya seringkali guru memberikan ulangan harian ketika sudah melanjutkan ke materi pembelajaran selanjutnya, sehingga permasalahan siswa mengenai ketidakpahaman pada materi pembelajaran terlambat diketahui yang menyebabkan guru harus mengulang kembali materi tersebut agar siswa menjadi paham. Dari permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian asosiatif untuk mengetahui pengaruh ulangan harian terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh ulangan harian terhadap motivasi belajar siswa matapelajaran matematika di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? 2) Adakah pengaruh ulangan harian terhadap prestasi belajar siswa matapelajaran matematika di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? 3) Adakah pengaruh ulangan harian terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa matapelajaran matematika di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif (hubungan). Penelitian asosiatif (hubungan) adalah bentuk analisis variabel (data) penelitian untuk mengetahui derajat atau kekuatan hubungan, bentuk, atau arah hubungan diantaranya variabel variabel, dan besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 258 siswa dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel kelas III-B sebanyak 32 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas III B SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung dan dokumen hasil ulangan harian dan penilaian akhir semester ganjil dengan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan uji MANOVA. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: 1) Berdasarkan hasil analisis diperoleh Fhitung = 19,210 dan Ftabel = 4,17 pada taraf signifikansi 5%, karena Fhitung > Ftabel. Artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan ulangan harian terhadap motivasi belajar siswa matapelajaran matematika di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. 2)Berdasarkan hasil analisis diperoleh Fhitung = 138,559 dan Ftabel = 4,17 pada taraf signifikansi 5% dengan ketentuan Fhitung > Ftabel. Artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan ulangan harian terhadap prestasi belajar siswa matapelajaran matematika di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. 3) Berdasarkan hasil analisis diperoleh pada variabel motivasi belajar, nilai Sig. 0,013 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, kemudian pada variabel prestasi belajar, diketahui nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan ketentuan Sig. < 0,05 Artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan ulangan harian terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa matapelajaran matematika di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153192 NIKMATUL KHOIRIYAH
Date Deposited: 23 Jul 2019 03:33
Last Modified: 23 Jul 2019 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12259

Actions (login required)

View Item View Item