PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTsN 2 TULUNGAGUNG

FATHURROHMAN DZULQURNAIN AL GHOZALI, 17201153320 (2019) PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (901kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57kB)

Abstract

ABSTRAK Fathurrohman Dzulqurnain Al Ghozali, 17201153320, Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Nur Efendi, M.Ag Kata Kunci: Quantum Learning, Hasil Belajar. Pembelajaran dalam proses pendidikan bagi kehidupan umat manusia merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi sepanjang hayat. Keberhasilan proses pembelajaran di dalam kelas khususnya pada pembelajaran akidah akhlak tidak terlepas dari model pembelajaran yang diterapkan guru kepada siswa. Model pembelajaran yang salah bisa menimbulkan siswa bersifat pasif dan tidak bersemangat. Siswa tidak percaya diri mengemukakakn pendapatnya dan kebingungan dalam menerapkan materi dengan dunia nyata. Salah satu upaya untuk membuat siswa gembira, penuh semangat, berani mengungkapkan pendapat adalah menerapkan model pembelajaran Quantum Learning di ruang-ruang kelas. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran Quantum Learning untuk menyelesaikan masalah yang timbul. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model quantum learning terhadap hasil belajar aspek kognitif peserta didik mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh model quantum learning terhadap hasil belajar aspek afektif peserta didik mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. 3) Untuk mengetahui pengaruh model quantum learning terhadap hasil belajar aspek psikomotorik peserta didik mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitianya adalah Quasi Eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian Noneequivalent Control Group. Populasi dalam penelitin ini adalah seluruh siswa Kelas VIII MTsN 2 Tulungagung yang berjumlah 425 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Purposive Sampling, dengan kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data: 1) wawancara; 2) dokumentasi; 3) angket; 4) tes. Teknik pengumpulan data penelitian berupa angket posttest untuk mengukur hasil belajar ranah afektif dan psikomotorik. Sedangkan tes berupa posttest untuk mengukur hasil belajar ranah kognitif. Teknik pengumpulan data penelitian soal sebelum digunakan untuk mengumpulkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test. Hasil dalam penelitian ini 1) terdapat pengaruh model quantum learning terhadap hasil belajar aspek kognitif peserta didik mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Hasil dibuktikan dari output SPSS 24 dengan independent samples t test menunjukkan bahwa sig. 2 tailed = 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel yaitu 6,094 > 1,994 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Itu artinya penerapan model pembelajaran pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar aspek kognitif f terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. 2) terdapat pengaruhmodel quantum learning terhadap hasil belajar aspek afektif peserta didik mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Hasil dibuktikan dari output SPSS 24 dengan independent samples t test menunjukkan bahwa sig. 2 tailed = 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel yaitu 4,589 > 1,994 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Itu artinya penerapan model pembelajaran pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar aspek afektif terdapat pengaruh yang positif. 3) terdapat pengaruh model quantum learning terhadap hasil belajar aspek psikomotorik peserta didik mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Hasil dibuktikan dari output SPSS 24 dengan independent samples t test menunjukkan bahwa sig. 2 tailed = 0,002 < 0,05 dan t hitung > t tabel yaitu 3,166 > 1,994 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Itu artinya penerapan model pembelajaran pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar aspek psikomotorik terdapat pengaruh yang positif. Hasil penelitian dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memilih model pembelajaran yang efisien dan tepat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153320 FATHURROHMAN DZULQURNAIN AL GHOZALI
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:23
Last Modified: 22 Jul 2019 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12288

Actions (login required)

View Item View Item