Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Problem Solving Siswa Kelas IV pada Materi Bangun Datar di MI Plus Raudlatul Muta’allimin Kalipucung Blitar Tahun Ajaran 2010/2011

Binti, Rosyidah (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Problem Solving Siswa Kelas IV pada Materi Bangun Datar di MI Plus Raudlatul Muta’allimin Kalipucung Blitar Tahun Ajaran 2010/2011. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I spasi2.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II spasi 2.docx

Download (63kB)
[img] Text
BAB III spasi 2.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB IV spasi 2 new.docx

Download (114kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (21kB)
[img] Text
sampul.docx

Download (71kB)
Official URL: http://repo.uinsatu.ac.id/

Abstract

Pembelajaran matematika yang telah dilaksanakan di Indonesia selama ini lebih menekankan kepada teori belajar behaviorisme, sehingga kegiatan pembelajaran yang terjadi adalah bentuk transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Salah satu metode yang sering dipakai adalah metode ceramah, dimana siswa hanya diberi kesempatan untuk mendengarkan guru tanpa diberi kesempatan untuk mencari pengetahuan sendiri sehingga kreativitas dan pengetahuan siswa terbatas. MI Plus Raudlatul Muta’allimin Kalipucung Blitar merupakan salah satu contoh MI yang masih sering menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajarannya. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran kooperatif model problem solving dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV pada materi bangun datar di MI Plus Raudlatul Muta’allimin Kalipucung Blitar (2) Bagaimanakah hasil pembelajaran kooperatif model Problem Solving dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV pada materi bangun datar di MI Plus Raudlatul Muta’allimin Kalipucung Blitar. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran kooperatif model Problem Solving dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV pada materi bangun datar di MI Plus Raudlatul Muta’alimin Kalipucung Blitar, dan (2) untuk mengetahui hasil pembelajaran kooperatif model Problem Solving dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV pada materi bangun datar di MI Plus Raudlatul Muta’alimin Kalipucung Blitar. Skripsi ini bermanfaat bagi (1) Bagi lembaga, untuk dijadikan bahan pertimbangan dan tambahan informasi dalam menentukan langkah-langkah penggunaan metode pengajaran pendidikan matematika pada khususnya. (2) Bagi guru, sebagai bahan pertimbangan guru untuk memilih metode yang tepat bagi siswa yang sesuai dengan tujuan pengajaran. (3) Bagi siswa, dapat meningkatkan motiviasi belajar dan melatih sikap sosial untuk saling peduli terhadap keberhasilan siswa lain dalam mencapai tujuan belajar. (4) Bagi penulis, supaya dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai tambahan dan masukan pengetahuan yang nantinya dapat digunakan pada saat benar-benar menjadi pendidik serta sebagai persyaratan untuk menempuh gelar S1. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data-data yang dipergunakan selama proses penelitian berlangsung bersumber dari data observasi, hasil tes siswa, hasil wawancara, hasil angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan metode pembelajaran kooperatif model problem solving. Hal itu dapat ditunjukkan dari rata-rata nilai tes siswa, yaitu rata-rata nilai pre tes 46,13 dan pada siklus I meningkat menjadi 72,83 sehingga kenaikannya sebesar 26,7% dan pada siklus II nilai rata-ratanya meningkat menjadi 85,26 sehingga mengalami kenaikan sebesar 12,43%. Pada siklus I aktivitas dan nilai siswa berada pada kategori “cukup” dan mengalami perbaikan pada siklus II dengan kategori “sangat baik”. Dengan pembelajaran koooperatif model problem solving siswa menjadi lebih aktif, kreatif, lebih termotivasi dan lebih percaya diri dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model problem solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Plus Raudlatul Muta’allimin Kalipucung Blitar. Saran-saran (1) Bagi instansi pendidik, agar dapat dijadikan sebagai masukan atas sumbangan pemikiran bagi instansi pendidikan dan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Bagi guru, agar metode pembelajaran kooperatif model problem solving dijadikan sebagai alternati pilihan dalam praktek pembelajaran yang lebih aktif dan efektif. (3) Bagi siswa, diharapkan untuk lebih meningkatkan aktivitas selama proses pembelajaran baik dengan aktif bekerja sama dalam kelompok maupun keberanian mereka dalam mengemukakan pendapat, mengajukan pertanyaan, dan menjawab pertanyaan tentang materi ataupun instruksi yang belum dimengerti. (4) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan ataupun memadukan penerapan metode pembelajaran kooperatif model problem solving dengan model pembelajaran yang lain sehingga lebih efektif dan variatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 11 Feb 2015 03:28
Last Modified: 11 Feb 2015 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1233

Actions (login required)

View Item View Item