ERNIA FITROTURROHMAH, 17205153039 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI DI SD ISLAM AL-MUNAWAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
1. COVER.pdf Download (597kB) | Preview |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (361kB) |
||
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (196kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (232kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (840kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (315kB) | Preview |
Abstract
xv ABSTRAK Ernia Fitroturrohmah, 17205153039, Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Religius peserta didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni di SD Islam Al- Munawwar Tulungagung, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibitidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri IAIN Tulungagung, pembimbing: Drs. H. Jani, MM., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakang oleh pentingnya penanaman karakter pada peserta didik. Karakter merupakan watak atau kebiasaan yang dilakukan terus- menerus sehingga tertanam dalam diri. Karakter akan mudah tertanam dalam diri peserta didik dengan kegiatan pembiasaan yang dilakukan berulang-ulang. Untuk membentuk karakter yang baik, guru dituntut untuk terus mengembangkan berbagai strategi. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan karakter religius peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler seni qira’ah di SD Islam Al-Munawwar Tulungagung?, (2) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan karakter religius peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler seni musik di SD Islam Al-Munawwar Tulungagung?, (3) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan karakter religius peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler seni beladiri di SD Islam Al-Munawwar Tulungagung. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan guru dalam menanamkan karakter religius peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler seni qira’ah di SD Islam Al-Munawwar Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan guru dalam menanamkan karakter religius peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler seni musik di SD Islam Al-Munawwar Tulungagung, (3) Untuk mendeskripsikan guru dalam menanamkan karakter religius peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler seni beladiri di SD Islam Al-Munawwar Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan paparan data dan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan yaitu : (1) strategi guru dalam menanamkan karakter religius peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler seni qira’ah dengan cinta al-quran, memberi nasihat yang baik dan memberi suri tauladan yang baik. (2) strategi guru dalam menanamkan karakter religius peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler seni musik antara lain : (a) memberi hukuman yang mendidik, (b)xvi keteladanan dan (c) memberi sikap yang baik. (3) strategi guru dalam menanamkan karakter religius peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler seni beladiri antara lain : (a) Siswa mendapatkan pembiasaan yang baik mengenai karakter religius, dan (b) Perubahan sikap yang lebih baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | StrategiGu 17205153039 Ernia Fitroturrohmah |
Date Deposited: | 16 Aug 2019 07:57 |
Last Modified: | 30 Mar 2020 10:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12335 |
Actions (login required)
View Item |