NINA WAHYU DEVI LIAWATI, 17205153047 (2019) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER GEMAR MEMBACA PESERTA DIDIK DI MI ROUDLOTUT THOLIBIN BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (173kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (332kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (266kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (220kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Membentuk Karakter Gemar Membaca Peserta Didik di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Nina Wahyu Devi Liawati, NIM. 17205153047, pembimbing Prof. Dr.H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci: Peran guru, Membentuk Karakter Gemar Membaca Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat baca peserta didik yang rendah. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, salah satunya karena kurangnya pengarahan dan bimbingan dari lingkungan sekitar. Guru dalam lingkungan sekolah merupakan orang terdekat dan bertanggung jawab atas keberhasilan peserta didik. Jadi guru berkewajiban untuk membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk menumbuhkan minat baca. Fokus dalam penelitian ini (1) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam membentuk karakter gemar membaca peserta didik di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung?, (2) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam membentuk karakter gemar membaca peserta didik di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung?, (3) Bagaimana peran guru sebagai inovator dalam membentuk karakter gemar membaca peserta didik di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung?. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, triagulasi, dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, menghasilkan suatu kesimpulan bahwa: (1) Peran guru sebagai motivator dalam membentuk karakter gemar membaca peserta didik di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung yaitu guru memberikan pengarahan kepada peserta didik, guru mengembangkan motivasi peserta didik, guru menyelipkan motivasi melalui kegiatan di sekolah, guru memperjelas tujuan pembelajaran, guru memberikan reward sederhana. (2) Peran guru sebagai fasilitator dalam membentuk karakter gemar membaca peserta didik di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung yaitu guru menyediakan tempat untuk melakukan aktivitas membaca, guru menyedikan referensi buku yang relevan, guru menerapkan dan merencanakannya dalam kegiatan belajar mengajar, guru mengadakan lomba lomba yang berhubungan dengan membaca. (3) Peran guru sebagai inovator dalam membentuk karakter gemar membaca peserta didik di MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung yaitu guru membuat perubahan perubahan dengan strategi, metode dan pendekatan yang berbeda, guru memberikan ide-ide baru dalam pembelajaran, guru mengarahkan peserta didik agar tidak jenuh dalam kegiatan membaca.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153047 NINA WAHYU DEVI LIAWATI |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 07:22 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 07:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12356 |
Actions (login required)
View Item |