PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI DI MA AT THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

MUSYAROFAH, 17201153378 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI DI MA AT THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (535kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (924kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Musyarofah, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI MA AT Thohiriyah Ngantru Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019. ditulis oleh Musyarofah, NIM. 17201153378, pembimbing: H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Open Ended, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa rendahnya hasil belajar dan kurangnya motivasi siswa dikelas itu disebabkan guru yang terlalu monoton dalam mengajar, dimana pada mata pelajaran fiqih guru banyak menjelaskan materi, memberi contoh, dan latihan saja sedangkan siswa hanya mendengar, mencatat dan mengerjakan soal-soal yang mana itu semua akan membuat siswa menjadi jenuh dan bosan terhadap pelaksanaan pembelajaran karena siswa kurang diberikan kesempatan untuk mengemukakan idenya karena didominasi oleh guru. Untuk itu perlu adanya inovasi baru dalam dunia pembelajaran yakni dengan mengganti model dalam pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran Open Ended dianggap dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Mawaris. Adapun yang menjadi tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Open Ended terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas XI tahun pelajaran 2018/2019. (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Open Ended terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas XI tahun pelajaran 2018/2019. (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Open Ended terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas XI tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitain eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI, sementara sampel penelitian ini kelas XI-A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-B sebagai kelas kontrol. Dimana sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan data metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Analisis data dengan menggunakan uji t-test dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran Open Ended terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI MA AT-Thohiriyah Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dilihat dari perhitungan uji t-test diperoleh

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153378 MUSYAROFAH
Date Deposited: 25 Jul 2019 07:19
Last Modified: 25 Jul 2019 07:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12410

Actions (login required)

View Item View Item