PENGARUH PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) TYPE CRH (COURSE REVIEW HORAY) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KELAS IV MI TARBIYATUL ISAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG

TRIA ANGGARI SAPUTRI, 17205153009 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) TYPE CRH (COURSE REVIEW HORAY) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KELAS IV MI TARBIYATUL ISAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (535kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (177kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tria Anggari Saputri, 17205153009, Pengaruh Penerapan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Type CRH (Course Review Horay) Terhadaop Motivasi dan Hasil Belajar Kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Type CRH (Course Review Horay), Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih digunakannya model ceramah (konvensional) tanpa adaya variasi model pembelajaran pada setiap pembelajaran walaupun sudah memkai kurikulum 2013, khusunya di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Pada saat proses pembelajaran guru harus mampu menarik perhatian da fokus peserta didik untuk mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung. Apabila peserta didik kurang tertarik pada pembelajaran yang berlangsung karena penggunaan model yang kurang tepat, makaitu akan berimbas pada hasil belajar peserta didik. Oleh sebab itu, diperlukan inovasi pada proses pembelajaran supaya peserta didik lebih fokus,tertarik, dan akhirnya akan paham dengan materi atau pembelajaran yang disampaikan pada saat pembelajaran berlangsung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model CTL (contextual teaching learning) type Course Review Horay (CRH) terhadap motivasi belajar siswa kelas IV Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model CTL (contextual teaching learning) type Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa kelas IV Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. (3) Untuk mengetahu pengaruh secara bersamaan pengaruh penerapan model CTL (contextual teaching learning) type Course Review Horay (CRH) terhadap motivasi dan hasil belajar kelas IV Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunalan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen.populasi adalah seluruh peserta didik kelas IV di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangam. Teknik pengambilan sampek dilakukan dengan cara sampling jenuh, yaitu yang dijadikan sampel seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 46 peserta didik. Teknik pengumpulan datanya menggunakan menggunakan metode observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test dan uji anova 2 jalur (MANOVA), yang sebelumnya diuji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas.Hasil penelitian ini menggunakan bahwa (1) Hasil uji t-test angket motivasi menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,013 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya, ada pengaruh yang signifikan antara penerapan model CTL (Contextual Teaching and Learning) Type CRH (Course Review Horey) Terhadap Motivasi Belajar IPA Kelas IV Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung, (2) Hasil uji t-test hasil belajar menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) 0,013 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dikarenakan 0,013 < 0,05, artinya, ada pengaruh ditolak dan Ha diterima dikarenakan 0,013 < 0,05. Sehingga Ada pengaruh yang signifikan antara penerapan model CTL (Contextual Teaching and Learning) Type CRH (Course Review Horey) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung, (3) Hasil uji anova 2 jalur (MANOVA) angket keaktifan belajar dan post-test hasil belajar menghasilkan nilai Sig. sebesar 0,001 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh signifikan antara penerapan model CTL (Contextual Teaching and Learning) Type CRH (Course Review Horey) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas IV Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153009 Tria Anggari Saputri
Date Deposited: 25 Jul 2019 03:38
Last Modified: 25 Jul 2019 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12412

Actions (login required)

View Item View Item