ANALISIS PENALARAN SISWA KELAS X DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PISA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP

HANA DWI WAHYUNI, 17204153211 (2019) ANALISIS PENALARAN SISWA KELAS X DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PISA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Analisis Penalaran Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Matematika PISA Pada Konten Change and Relationship ini ditulis oleh Hana Dwi Wahyuni, NIM. 17204153211, pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., MM. Kata kunci : Penalaran, soal matematika PISA, konten Change and Relationship Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kemampuan penalaran siswa masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari skor PISA yang diperoleh Indonesia dari tahun 2000-2015. Sedangkan penalaran merupakan salah satu dari kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa. Hal itu karena penalaran merupakan salah satu standar yang sangat dibutuhkan dalam pembelajaran matematika dan begitu pula untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari hari. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penalaran siswa berkemampuan tinggi di kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Bandung dalam menyelesaikan soal matematika PISA pada konten change and relationship (2) untuk mendeskripsikan penalaran siswa berkemampuan sedang di kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung dalam menyelesaikan soal matematika PISA pada konten change and relationship (3) untuk mendeskripsikan penalaran siswa berkemampuan rendah di kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Bandung dalam menyelesaikan soal matematika PISA pada konten change and relationship Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini yaitu 5 siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Metode pengumpulan data yaitu tes tertulis dan wawancara. Soal tes sebanyak 3 soal berbentuk uraian dan dipilih berdasarkan kisi-kisi yang telah ditentukan sesuai kerangka PISA pada konten change and relationship. Wawancara dilakukan untuk memperluas informasi dari siswa dalam menyelesaikan soal matematika PISA pada konten change and relationship. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penalaran matematis yang ditampilkan siswa yang berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal matematika PISA memenuhi pada indikator mengajukan dugaan; menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi; menarik kesimpulan dari suatu pernyataan; dan memeriksa kesahihan suatu argumen. (2) Penalaran matematis yang ditampilkan siswa yang berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal matematika PISA memenuhi pada indikator mengajukan dugaan; menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi; dan menarik kesimpulan dari suatu pernyataan. (3) Penalaran matematis yang ditampilkan siswa yang berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal matematika PISA memenuhi pada indikator mengajukan dugaan dan menarik kesimpulan dari pernyataan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153211 Hana Dwi Wahyuni
Date Deposited: 29 Jul 2019 03:30
Last Modified: 31 Mar 2020 01:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12478

Actions (login required)

View Item View Item