SCAFFOLDING PADA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN SENILAI KELAS VII MTs TERPADU ASH-SHUFI KADEMANGAN BLITAR

MARDHIANA IFADHOTU ROHMAH, 17204153121 (2019) SCAFFOLDING PADA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN SENILAI KELAS VII MTs TERPADU ASH-SHUFI KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (703kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (561kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Skripsi berjudul “ Scaffolding pada Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan Senilai Kelas VII MTs Terpadu Ash-Shufi Kademangan Blitar” adalah karya yang ditulis oleh Mardhiana Ifadhotu Rohmah, NIM. 17204153121, mahasiswa jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung, yang dalam penulisannya dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Scaffolding, Kesulitan, Soal Cerita, Perbandingan Matematika dijadikan pelajaran wajib dan penting untuk dipelajari karena dengan belajar matematika siswa diharapkan terampil dalam menyelesaikan berbagai masalah. Namun faktanya, banyak siswa yang tidak suka dan mengalami kesulitan dalam belajar matematika sehingga capaian belajar untuk mata pelajaran matematika cukup rendah. Jenis kesulitan, penyebab serta solusi tepat untuk kesulitan siswa dalam mengaplikasikan konsep matematika dalam menyelesaikan masalah nyata menjadi hal yang menarik untuk diteliti. Penelitian tentang scaffolding pada siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan senilai bertujuan untuk mengetahui (1) jenis kesulitan yang dialami siswa (2) penyebab siswa mengalami kesulitan, serta (3) scaffolding yang tepat untuk kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan senilai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya meliputi tes, dan wawancara. Hasil tes digunakan untuk mengetahui jenis kesulitan siswa, dan penyebabnya. Sedangkan wawancara digunakan untuk memperoleh data deskripsi scaffolding yang dapat diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan senilai adalah: (1) kesulitan menggunakan konsep, (2) kesulitan menggunakan data (3) kesulitan mengoperasikan bilangan, dan (4) kesulitan menyimpulkan. Selanjutnya, hal-hal yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan adalah: (1) kurangnya pemahaman konsep, (2) kurangnya pemahaman terhadap soal, dan (3) kurangnya keterampilan. Scaffolding tahap reviewing yang dapat diberikan untuk masing-masing kesulitan berturut-turut adalah dengan memberi contoh masalah sejenis yang sederhana, mengajak siswa meninjau soal kembali, memberi peringatan untuk ketidaktepatan operasi, dan memberi petunjuk untuk fokus pada poin yang ditanyakan soal. Khusus untuk kesulitan menggunakan konsep, perlu dilengkapi dengan dengan kegiatan diskusi pematangan konsep (tahap developing conceptual thinking).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153121 Mardhiana Ifadhotu Rohmah
Date Deposited: 26 Jul 2019 06:18
Last Modified: 26 Jul 2019 06:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12489

Actions (login required)

View Item View Item