BINTAN TASKURINA HARDININGTYAS, 12505174010 (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF “MUFRODAT” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS 3 SDI MIFTAHUL ULUM KEDIRI. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 .pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf Download (148kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Bintan Taskurina Hardiningtyas, 12505174010, 2019. Tesis dengan judul “Pengembangan Multimedia Interaktif “Mufrodat” dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 3 SDI Miftahul Ulum Kediri”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd dan Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag. Kata kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif, Pendidikan Bahasa Arab, Mufrodat Media interaktif merupakan penggunaan media dalam proses pembelajaran yang penyampaiannya melalui media komputer dan bersifat dua arah. Pengembangan media interaktif ini dilakukan dengan tujuan mempermudah siswa dan menghasilkan produk media interaktif yang layak digunakan untuk pembelajaran Pendidikan Bahasa Arab kelas 3 materi pengenalan Mufrodat di SD Islam Miftahul Ulum Kediri. Media interaktif Pengenalan Mufrodat ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari media ini antara lain: mudah dioperasikan dengan navigasi yang jelas, tidak membosankan, media bersifat interaktif, dilengkapi dengan petunjuk pemanfaatan, dan kuis. Sedangkan kekurangan media ini adalah media ini hanya terbatas pada pokok materi pengenalan Mufrodat. Fokus permasalahan pengembangan pada penelitian ini adalah bagaimana produk pengembangan media interaktif berbasis komputer karena kurangnya variasi media pembelajaran yang di terapkan di SDI Miftahul Ulum Kediri. Model pengembangan media pembelajaran interaktif ini mengadopsi model pengembangan Lee dan Diana Owens sebagai dasar pengembangan media interaktif untuk pengenalan Mufrodat. Alasan dasar menggunakan model pengembangan ini karena dalam pengembangan media interaktif ini membutuhkan banyak analisis, mulai dari analisis awal hingga akhir. Pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa angket yang disebar kepada dua ahli media, dua ahli materi bahasa arab dosen dan guru mata pelajaran Pendidikan Bahasa Arab, uji coba kelompok kecil sebanyak 5 siswa, dan uji lapangan sebanyak 20 siswa kelas 3 SD Islam Miftahul Ulum Kediri. Hasil pengembangan multimedia interaktif ini dinyatakan dalam kualifikasi valid/layak berdasarkan analisis sebagai berikut: validasi ahli media 88,33%, ahli materi 89,17%, uji coba kelompok kecil 94,23%, dan uji coba lapangan 89,33%. Sedangkan untuk tes hasil belajar siswa terdapat 20 orang berhasil mencapai ketuntasan dalam belajar dan mencapai KKM 76 (Kriteria Ketuntasan Minimum), dengan rata – rata hasil belajar meningkat dari 70,7 menjadi 93.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SD Islam Miftahul Ulum Kediri dapat diambil kesimpulan bahwa media interaktif pengenalan Mufrodat pada mata pelajaran Pendidikan Bahasa Arab valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | 12505174010 BINTAN TASKURINA HARDININGTYAS |
Date Deposited: | 02 Aug 2019 07:08 |
Last Modified: | 02 Aug 2019 07:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12492 |
Actions (login required)
View Item |