PROFIL KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TEORI NEWMAN DI KELAS VII MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

EFA AYU SUWARNINGSIH, 17204153002 (2019) PROFIL KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TEORI NEWMAN DI KELAS VII MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Profil Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman di Kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Ditinjau dari Gaya Belajar” Ini ditulis oleh Efa Ayu Suwarningsih, NIM 17204153002, dosen pembimbing Dr. Sutopo, M. Pd. Kata kunci: Profil Kesalahan, Soal Operasi Hitung Campuran, Teori Newman, Gaya Belajar. Sebagian besar siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung masih melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat.Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah keberagaman gaya belajar siswa. Dalam hal ini profil kesalahan adalah deskripsi atau gambaran mengenai jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat.Adapun jenis–jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal dalam penelitian ini dikelompokkan berdasarkan teori Newman.Teori Newman membagi ke dalam 5 tipe kesalahan, yaitu: (1) reading error (kesalahan membaca soal), (2) comprehension error (kesalahan memahami masalah), (3) transformation error (kesalahan transformasi), (4) process skill error (keterampilan proses), dan (5) encoding error (penulisan jawaban akhir). Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui profil kesalahan siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal operasi campuran bilangan bulat pada siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung berdasarkan teori Newman. (2) Untuk mengetahui profil kesalahan siswa dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan soal operasi campuran bilangan bulat pada siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung berdasarkan teori Newman. (3) Untuk mengetahui profil kesalahan siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal operasi campuran bilangan bulat pada siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung berdasarkan teori Newman. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, tes, dan wawancara.Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitianadalah 6 siswa, yaitu 2 siswa bertipe gaya belajar visual, 2 siswa bertipe gaya belajar auditorial, dan 2 siswa bertipe gaya belajar kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Jenis–jenis kesalahan siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat pada siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung berdasarkan teori Newman adalah kesalahan memahami masalah (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), kesalahan keterampilan proses (process skill error), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error).(2) Jenis–jenis kesalahan siswa dengan gayabelajar auditorial dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat pada siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung berdasarkan teori Newman adalah kesalahan memahami masalah (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), kesalahan keterampilan proses (process skill error), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error). (3) Jenis–jenis kesalahan siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat pada siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung berdasarkan teori Newman adalah kesalahan memahami masalah (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), kesalahan keterampilan proses (process skill error), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153002 EFA AYU SUWARNINGSIH
Date Deposited: 26 Jul 2019 08:15
Last Modified: 26 Jul 2019 08:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12494

Actions (login required)

View Item View Item