EFA AYU SUWARNINGSIH, 17204153002 (2019) PROFIL KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TEORI NEWMAN DI KELAS VII MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (978kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (558kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (996kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Profil Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman di Kelas VII MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Ditinjau dari Gaya Belajar” Ini ditulis oleh Efa Ayu Suwarningsih, NIM 17204153002, dosen pembimbing Dr. Sutopo, M. Pd. Kata kunci: Profil Kesalahan, Soal Operasi Hitung Campuran, Teori Newman, Gaya Belajar. Sebagian besar siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung masih melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat.Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah keberagaman gaya belajar siswa. Dalam hal ini profil kesalahan adalah deskripsi atau gambaran mengenai jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat.Adapun jenis–jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal dalam penelitian ini dikelompokkan berdasarkan teori Newman.Teori Newman membagi ke dalam 5 tipe kesalahan, yaitu: (1) reading error (kesalahan membaca soal), (2) comprehension error (kesalahan memahami masalah), (3) transformation error (kesalahan transformasi), (4) process skill error (keterampilan proses), dan (5) encoding error (penulisan jawaban akhir). Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui profil kesalahan siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal operasi campuran bilangan bulat pada siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung berdasarkan teori Newman. (2) Untuk mengetahui profil kesalahan siswa dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan soal operasi campuran bilangan bulat pada siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung berdasarkan teori Newman. (3) Untuk mengetahui profil kesalahan siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal operasi campuran bilangan bulat pada siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung berdasarkan teori Newman. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, tes, dan wawancara.Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitianadalah 6 siswa, yaitu 2 siswa bertipe gaya belajar visual, 2 siswa bertipe gaya belajar auditorial, dan 2 siswa bertipe gaya belajar kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Jenis–jenis kesalahan siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat pada siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung berdasarkan teori Newman adalah kesalahan memahami masalah (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), kesalahan keterampilan proses (process skill error), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error).(2) Jenis–jenis kesalahan siswa dengan gayabelajar auditorial dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat pada siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung berdasarkan teori Newman adalah kesalahan memahami masalah (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), kesalahan keterampilan proses (process skill error), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error). (3) Jenis–jenis kesalahan siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat pada siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung berdasarkan teori Newman adalah kesalahan memahami masalah (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), kesalahan keterampilan proses (process skill error), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153002 EFA AYU SUWARNINGSIH |
Date Deposited: | 26 Jul 2019 08:15 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 08:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12494 |
Actions (login required)
View Item |