SAFIKUL WAHID, 2846134043 (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Multi Situs di SMP Islam Srengat dan SMP Islam Terpadu Ibadurrahman Srengat Blitar). [ Thesis ]
|
Text
Cover.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (208kB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (135kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (653kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (598kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (302kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi pada sebuah teori dimana Al Qur’an sebagai kitab suci umat Islam wajib dipelajari dan dibaca. Al Qur’an sendiri memerintahkan kepada umat Islam untuk belajar membaca sejak ayat pertama diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Alaq ayat 1-5. Berdasarkan konteks surat Al-Alaq ayat 1-5, hubungannya dengan perintah membaca ayat-ayat Allah (Al-Qur’an), maka guru pendidikan agama Islam dituntut untuk mampu menghantarkan dan menumbuhkan kegarairahan peserta didik agar bisa dan mau membaca Al-Qur’an, sebagai konskwensi orang yang beragama Islam dan mengimani kitab-kitab Allah. Kemudian mengenai pelaksanaan membaca Al-Qur’an dibutuhkan adanya iman yang kuat, sebab tanpa adanya iman dan motivasi yang kuat mustahil mereka itu mau membaca Al-Qur’an. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah : (1) Bagaimana usaha guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi peserta didik membaca Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Islam Srengat dan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ibadurrahman Srengat Blitar? (2) Bagaimana motivasi peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Islam Srengat dan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ibadurrahman Srengat Blitar dalam membaca Al-Qur’an? (3) Apa saja kendala-kendala peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Islam Srengat dan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ibadurrahman Srengat Blitar dalam membaca Al-Qur’an?. Tesis ini sangat bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan, pola pikir, sikap dan pengalaman dalam hal peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi peserta didik membaca Al-Qur’an. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa guru pendidikan agama Islam memiliki peran yang sangat urgen guna meningkatkan motivasi peserta didik untuk lancar dalam membaca Al-Qur’an, benar dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan tajwidnya. Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif, yang mempunyai ciri-ciri antara lain: latar alami, peneliti sebagai instrument kunci, dan penyajian datanya bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara mendalam (Deep Interview), observasi partisipan dan dokumentasi, dimana ketiganya tersebut merupakan komponen yang tidak dapat terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Untuk analisis datanya penulis menggunakan reduksi data atau penyederhanaan (data reduction), paparan ii data atau sajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion verifiying). Sedangkan pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan perpanjangan kehadiran, triangulasi serta pembahasan sejawat. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa : (1) Peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Islam Srengat adalah dengan memasukan mata pelajaran Al-Qur’an Hadist pada kurikulumnya. Sedangkan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ibadurrahman juga memasukan mata pelajaran Al-Qur’an Hadist pada kurikulumnya, selain itu peserta didik di suruh baca Al-Qur’an minimal 10 halaman setiap harinya. (2) Motivasi siswa dalam membaca Al-Qur’an pada Sekolah Menengah Pertama Islam Srengat dan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ibadurahman sama-sama bagus. Tapi dilihat dari kualitasnya, Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ibadurrahman lebih bagus karena dalam menumbuhkan motivasi siswa dalam membaca Al-Qur’an lebih terorganisir dan tersistem. (3) adapun kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an peserta didik diantaranya : adanya beberapa peserta didik yang belum mengenal dan belum bisa sama sekali membaca Al-Qur’an ketika masuk di sekolah lanjutan pertama, adanya beberapa siswa yang bermalas-malasan ketika pelajaran membaca Al-Qur’an yang disebabkan jam belajar Al-Qur’an hadits kebanyakan diletakkan pada akhir jam pelajaran. Kata Kunci : Guru pendidikan agama Islam, Motivasi Peserta Didik Membaca Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 02:43 |
Last Modified: | 29 Jul 2019 02:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12520 |
Actions (login required)
View Item |