PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP RAUDLATUL MUSTHOFA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN

HANDIKA NUR AROFIK, 17208153052 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP RAUDLATUL MUSTHOFA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
BAB II .pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Lingkungan Sekolah terhadap Kepedulian Lingkungan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Raudlatul Musthofa Materi Pokok Pencemaran Lingkungan” ini ditulis oleh Handika Nur Arofik, NIM. 17208153052, pembimbing Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Media Lingkungan Sekolah, Kepedulian Lingkungan, Hasil Belajar Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam pembentukan keterampilan dan karakter peserta didiknya. Seorang guru dituntut untuk bisa menciptakan suasana kelas yang dapat memberikan gairah dan motivasi kepada para peserta didik. Kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting dalam proses belajar mengajar, karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Penggunaan media lingkungan sekolah adalah salah satu cara pembelajaran yang dilaksanakan di luar kelas dan menuntut siswa untuk dapat bernalar serta memahami materi sehingga diharapkan mampu untuk menyimpulkan, mendefinisikan, merumuskan, dan berfikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media lingkungan sekolah terhadap kepedulian lingkungan, (2) pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media lingkungan sekolah terhadap hasil belajar IPA siswa, (3) hubungan antara kepedulian lingkungan dengan hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian non-equivalent control grup design, serta menggunakan metode pengumpulan data berupa tes dan angket. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Raudlatul Musthofa. Kelas VII D sebagai kelompok kontrol, dan kelas VII C sebagai kelompok eksperimen. Instrument soal dan angket sebelum digunakan untuk mendapatkan data, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reabilitas, setelah data penelitian terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji T-test dan uji korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan media lingkungan sekolah terhadap kepedulian lingkungan siswa diperoleh nilai tingkat signifikansi 0,041 < 0,05, (2) ada pengaruh yang signifikan penggunaan media lingkungan sekolah terhadap hasil belajar IPA siswa diperoleh nilai tingkat signifikansi 0,00 < 0,05, dan (3) ada hubungan yang signifikan antara kepedulian lingkungan dengan hasil belajar IPA melalui analisis uji Pearson Product Moment didapatkan hasil dari nilai tingkat signifikansi 0,000, maka dapat dituliskan bahwa nilai sig. (2-tailed) ≤ nilai signifikansi 5% = 0,000 ≤ 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153052 HANDIKA NUR AROFIK
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:12
Last Modified: 29 Jul 2019 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12521

Actions (login required)

View Item View Item