ULFA KHOIRUN NI’MAH, 17205153322 (2019) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS III-B DI SDN I KAMPUNGDALEM TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (893kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (254kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (418kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (794kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
Abstract
ABSTRAK Ulfa Khoirun Ni’mah, NIM: 17205153322. 2019. Implementasi Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas III B di SDN I Kampungdalem Tulungagung. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci : Penilaian Autentik. Pembelajaran Tematik Terpadu Salah satu penekanan dalam implementasi pembelajaran tematik terpadu pada Kurikulum 2013 adalah penilaian autentik. Penilaian autentik merupakan penilaian yang menekankan pada apa yang seharusnya dinilai dalam pembelajaran, baik proses maupun hasil dan dengan berbagai instrumen penilaian yang disesuaikan dengan tuntutan kompetensi yang ada. Penilaian autentik terdiri dari penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui penilaian kompetensi sikap pada pembelajaran tematik terpadu kelas III B di SDN I Kampungdalem Tulungagung, (2) mengetahui penilaian kompetensi pengetahuan pada pembelajaran tematik tematik terpadu kelas III B di SDN I Kampungdalem Tulungagung, (3) mengetahui penilaian kompetensi keterampilan pada pembelajaran tematik tematik terpadu kelas III B di SDN I Kampungdalem Tulungagung, dan (4) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi penilaian autentik pada pembelajaran tematik terpadu kelas III B di SDN I Kampungdalem Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mereduksi data yang relevan, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Penilaian kompetensi sikap meliputi observasi, jurnal, dan penilaian antarteman, dalam perencanaannya sudah sangat baik dan menjadi panutan dari sekolah lain, (2) penilaian kompetensi pengetahuan meliputi tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Pelaksanaan penilaian kompetensi pengetahuan dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang dibuat, (3) Penilaian kompetensi keterampilan meliputi tes kinerja, uji proyek dan portofolio. Perencanaan penilaian sudah baik dan sangat efisien dalam proses penilaian, (4) Faktor pendukung dalam pelaksanaan penilaian autentik sangat banyak adanya dukungan dan support dari pemerintah dikarenakan SD tersebut sebagai SD rujukan penerapan kurikulum 2013, mayoritas guru sebagai instruktur nasional dalam penilaian autentik, sarana dan prasarana yang mendukung proses penilaian, kerjasama antar guru dalam menghadapi revisi-revisi sangat baik, kerjasama dengan wali siswa dan juga siswa sangat baik. Sedangkan faktor penghambat tidak ada, hanya saja yang dikeluhkan penilaiannya harus lebih teliti dan telaten.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153322 ULFA KHOIRUN NI’MAH |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 02:57 |
Last Modified: | 01 Aug 2019 02:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12522 |
Actions (login required)
View Item |