PENGARUH KREATIVITAS GURU KELAS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SDI AL-BADAR KETANON KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

YENI PEBRIAWATI, 17205153239 (2019) PENGARUH KREATIVITAS GURU KELAS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SDI AL-BADAR KETANON KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (630kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kreativitas Guru Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa SDI Al-Badar Ketanon Kedungwaru Tulungagung” Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, ini ditulis oleh Yeni Pebriawati, NIM. 17205153239, Pembimbing Dr. Fathul Mujib, M.Ag Kata Kunci: Kreativitas Guru, Minat Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan minat belajar pada siswa maka seorang guru dapat menerapkan kreativitasnya dalam mengajar terutama dalam penggunaan metode pembelajaran yang menyenangkan dan penggunaan media pembelajaran yang menarik. Kreativitas guru dalam mengajar terutama dalam penggunaan metode dan penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat mengurangi kebosanan siswa pada saat pembelajaran serta membangkitkan semangat dan minat siswa untuk belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis ingin mengamati pengaruh kreativitas guru kelas terhadap minat belajar siswa SDI Al-Badar Ketanon Kedungwaru Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah Pengaruh Kreativitas Guru Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDI Al-Badar Ketanon Kedungwaru? (2) Seberapa Besar Pengaruh Kreativitas Guru Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDI Al-Badar Ketanon Kedungwaru? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk Mengetahui Pengaruh Kreativitas Guru Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDI Al-Badar Ketanon Kedungwaru 2) Untuk Mengetahui Besar Pengaruh Kreativitas Guru Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDI Al-Badar Ketanon Kedungwaru. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 yang berjumlah 58 siswa dan 3 guru yang mengajar di kelas 4 SDI Al-Badar Ketanon Kedungwaru Tulungagung. Sampel yang digunakan adalah siswa dan guru kelas IV A dan IV B. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji T Independen, yang sebelumnya diuji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru berpengaruh terhadap minat belajar siswa, dengan taraf signifikansi 0,042 < 0,05. Besar pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa adalah sebesar 1,5860735 dan didalam tabel interpretasi cohen’s adalah 93,3%. Berdasarkan tabel interpretasi dapat disimpulkan bahwa pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153239 YENI PEBRIAWATI
Date Deposited: 01 Aug 2019 03:55
Last Modified: 01 Aug 2019 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12538

Actions (login required)

View Item View Item