YENI PEBRIAWATI, 17205153239 (2019) PENGARUH KREATIVITAS GURU KELAS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SDI AL-BADAR KETANON KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (630kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (288kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (648kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (681kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (230kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kreativitas Guru Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa SDI Al-Badar Ketanon Kedungwaru Tulungagung” Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, ini ditulis oleh Yeni Pebriawati, NIM. 17205153239, Pembimbing Dr. Fathul Mujib, M.Ag Kata Kunci: Kreativitas Guru, Minat Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan minat belajar pada siswa maka seorang guru dapat menerapkan kreativitasnya dalam mengajar terutama dalam penggunaan metode pembelajaran yang menyenangkan dan penggunaan media pembelajaran yang menarik. Kreativitas guru dalam mengajar terutama dalam penggunaan metode dan penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat mengurangi kebosanan siswa pada saat pembelajaran serta membangkitkan semangat dan minat siswa untuk belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis ingin mengamati pengaruh kreativitas guru kelas terhadap minat belajar siswa SDI Al-Badar Ketanon Kedungwaru Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah Pengaruh Kreativitas Guru Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDI Al-Badar Ketanon Kedungwaru? (2) Seberapa Besar Pengaruh Kreativitas Guru Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDI Al-Badar Ketanon Kedungwaru? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk Mengetahui Pengaruh Kreativitas Guru Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDI Al-Badar Ketanon Kedungwaru 2) Untuk Mengetahui Besar Pengaruh Kreativitas Guru Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDI Al-Badar Ketanon Kedungwaru. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 yang berjumlah 58 siswa dan 3 guru yang mengajar di kelas 4 SDI Al-Badar Ketanon Kedungwaru Tulungagung. Sampel yang digunakan adalah siswa dan guru kelas IV A dan IV B. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji T Independen, yang sebelumnya diuji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru berpengaruh terhadap minat belajar siswa, dengan taraf signifikansi 0,042 < 0,05. Besar pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa adalah sebesar 1,5860735 dan didalam tabel interpretasi cohen’s adalah 93,3%. Berdasarkan tabel interpretasi dapat disimpulkan bahwa pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153239 YENI PEBRIAWATI |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 03:55 |
Last Modified: | 01 Aug 2019 03:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12538 |
Actions (login required)
View Item |