Siti, Patoyah (2012) Aplikasi Analisis Faktor Konfirmatori untuk Mengetahui Hubungan Antara Kecerdasan Verbal dan Kecerdasan Matematis Pada Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Kampak Tahun Pelajaran 2011/2012. [ Skripsi ]
Text
DAFTAR RUJUKAN SKRIPSIQ.docx Download (18kB) |
|
Text
7. daftar isi, daftar gambar, daftar lampiran dan abstrak.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (33kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (63kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (62kB) |
|
Text
BAB IV Revisi.docx Download (76kB) |
|
Text
BAB IV.dok.docx Download (72kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (20kB) |
Abstract
Kata Kunci: Analisis Faktor Konfirmatori, Kecerdasan Verbal, Kecerdasan Matematis Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang unggul prestasinya dalam mata pelajaran yang berkaitan hitung-menghitung, melogika, menyusun pola (kecerdasan matematis) namun rendah prestasinya dalam mata pelajaran yang berkaitan dengan membaca, mengarang, mendengar, bercerita (kecerdasan verbal) demikian sebaliknya. Dari fenomena itu muncul pertanyaan apakah tidak ada hubungan antara kedua kecerdasan tersebut. Oleh sebab itu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kedua kecerdasan tersebut peneliti menggunakan analisis factor konfirmatori. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMAN 1 Kampak Tahun Pelajaran 2011/2012. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Variabel-variabel apakah yang termasuk faktor kecerdasan verbal dan variabel-variabel apakah yang termasuk faktor kecerdasan matematis pada pertasi belajar siswa keas X SMAN 1 Kampak tahun pelajaran 2011/2012? (2) Adakah hubungan antara kecerdasan verbal dan kecerdasan matematis pada prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Kampak tahun pelajaran 2011/2012? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui variabel-variabel apakah yang termasuk faktor kecerdasan verbal dan variabel-variabel apakah yang termasuk faktor kecerdasan matematis pada pertasi belajar siswa keas X SMAN 1 Kampak tahun pelajaran 2011/2012 (2) Untuk mengetahui Adakah hubungan antara kecerdasan verbal dan kecerdasan matematis pada prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Kampak tahun pelajaran 2011/2012. Dengan diadakannya penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah keilmuan khususnya dalam hal hubungan antara kecerasan verbal dan kecerdasan matematis pada prestasi belajar serta penerapan analisis faktor konfirmatori, dengan pengetahuan yang diperoleh dari penelitian ini seorang pendidik akan lebih memahami bagaimana kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didiknya serta mudah untuk membantu peserta didiknya dalam mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya. Bagi peneliti akan dapat menambah khasanah keilmuannya serta dapat dijadikan bahan rujukan bagi peneliti yang akan melakukan penelitian serupa. Dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi yaitu cara mengumpulkan data dengan memcatat data-data yang sudah ada. Dalam hal ini dokumen yang digunakan adalah nilai raport siswa. Nilai raport inilah yang akan dijadikan sebagai sumber data primer dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan (1) Analisis Faktor Konfirmatori (2) Analisi Korelasi Product Moment. Hasil penelitian, (1) Variabel-variabel yang termasuk faktor kecerdasan verbal adalah PAI, Bhs. Indonesia, Biologi, Kesenian, TIK dan Bhs. Arab sedangkan variabel-variabel yang termasuk faktor kecerdasan matematis adalah Bhs. Inggris, Matematika, Kimia, Fisika, Sejarah dan Ekonomi (2) Ada hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan verbal dan kecerdasan matematis siswa kelas X SMA N 1 Kampak Tahun Pelajaran 2011/2012 sebesar 26,1%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 11 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 11 Feb 2015 04:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1255 |
Actions (login required)
View Item |