LILI MAULYNA AZIZAH, 17205153221 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA KELAS IV DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (328kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (163kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (74kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (314kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Lili Maulyna Azizah. 2019. Strategi Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Literasi Membaca. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Saiful Bahri, S.Ag, M.Pd.I, Kata kunci: Strategi Pembelajaran Kontektual. Literasi Membaca Pemilihan straegi yang diterapkan pada bidang studi hendaknya bersifat koheren. Strategi pembelajaran yang tepat menjadi jembatan untuk mengasah keterampilan dan kemampuan peserta didik serta dapat menghasilkan pembelajaran yang maksimal. Salah satu strategi yang sesuai dengan membangun kegiatan pembelajaran adalah strategi kontekstual. Strategi kontekstual adalah konteks kegiatan yang membantu guru mengaitkan antara materi pembelajaran dengan kehidupan nyata pesera didik. Literasi dapat diartikan sebagai kemampuan mengakses, memahami, dan meggunakan informasi secara cerdas. Sedangkan membaca adalah kegiatan untuk memperoleh informasi yang disampaikan berupa bahasa tulis. Secara singkat literasi membaca adalah kemampuan inividu dalam mengakses, memahami, dan menggunakan infomasi dari bacaan. Adapun tujuan penelitian ini pertama, mendeskripsikan strategi pembelajaran kontekstual peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah dan kedua, menganalis kemampuan mencari dan menemukan informasi peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah. Menganalisis kemampuan mengembangkan makna yang diperoleh dari informasi peserta didik. menganalisis kemampuan refleksi dan evaluasi terhadap isi wacana dari informasi yang diperoleh peserta didik. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Adapun lokasi penelitian ini adalah di kelas IV MIN 5 Tulungagung. Guru mengaplikasikan strategi pembelajaran kontekstual dengan ciri khas masing-masing. Kegiatan mencari dan menemukan informasi yang ada di kelas IV sudah dalam taraf memuaskan, sebagian besar peserta didik telah mampu memahami segala hal yang telah diintrusikkan dalam buku. Kemampuan mengembangkan makna yang diperoleh dari informasi peserta didik sudah mampu meskipun masih dalam penugasan yang sedehana dan tidak begitu rumit. Kemampuan refleksi dan evaluasi terhadap isi wacana dan informasi yang diperoleh peserta didik kelas IV di MIN 5 Tulungagung cukup baik peserta didik dengan bimbingan guru sudah mampu memberikan kesimpulan, tanggapan, saran atau kritik terhadap isi suatu wacana.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153221 LILI MAULYNA AZIZAH |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 01:18 |
Last Modified: | 01 Aug 2019 01:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12564 |
Actions (login required)
View Item |