DEVI MASKURIA RAHMAWATI, 17205153132 (2019) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (816kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (665kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik MIN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ditulis oleh Devi Maskuria Rahmawati, NIM. 17205153132, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Fiqih. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada era pendidikan yang saat ini masih guru yang menggunakan metode pembelajaran konvensional sehingga menjadikan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar yang relatif rendah. Dalam hal ini peneliti ingin meneliti masalah metode pembelajaran dengan hasil belajar Fiqih peserta didik MIN 1 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar Fiqih materi wudhu peserta didik kelas III MIN 1 Tulungagung?, (2) Apakah ada pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar Fiqih materi sholat peserta didik kelas III MIN 1 Tulungagung?, (3) Apakah ada pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas III MIN 1 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar Fiqih materi wudhu peserta didik kelas III MIN 1 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar Fiqih materi sholat peserta didik kelas III MIN 1 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar peserta didik MIN 1 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) dan teknik sampling menggunakan teknik pertimbangan (purposive sampling). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III MIN 1 Tulungagung, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas III-A dan III-B MIN 1 Tulungagung sedangkan kelas IV sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Observasi bertujuan untuk memperoleh data terkait proses pembelajaran Fiqih materi Wudhu dan Sholat di MIN 1 Tulungagung. Metode yang kedua adalah metode dokumentasi, tujuannya untuk memperoleh data nama-nama peserta didik yang menjadi sampel penelitian, data nilai ulangan tengah semester peserta didik, dan foto-foto selama penelitian. Metode yang ketiga adalah metode tes. Tes digunakan untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik. Instrumen penelitian adalah tes berupa post test untuk menguklur hasil belajar Fiqih peserta didik sesudah diberi perlakuan. Instrumen soal sebelum digunakan untuk memperoleh data yang objektif, maka terlebih dahulu dilakukan pengujian validasi dan reabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah T-test dan uji MANOVA yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Ada pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar Fiqih materi wudhu peserta didik kelas III MIN 1 Tulungagung dengan hasil uji t post test diperoleh nilai Sig< 0,05 yaitu 0,042 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima; (2) Ada pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar Fiqih materi sholat peserta didik kelas III MIN 1 Tulungagung dengan hasil uji t post test diperoleh nilai Sig< 0,05 yaitu 0,032 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima; (3) Ada pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas III MIN 1 Tulungagung dengan hasil uji MANOVA diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,004 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153132 DEVI MASKURIA RAHMAWATI |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 08:02 |
Last Modified: | 01 Aug 2019 08:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12607 |
Actions (login required)
View Item |