MUHAMAD ZAKARIYA ANNAFIS, 17207153014 (2019) MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung” ini ditulis oleh Muhamad Zakariya Annafis, NIM. 17207153014, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Hj. Indah Komsiyah, S.Ag. M.Pd. Kata Kunci: manajemen kurikulum, Pondok Pesantren, Karakter Santri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena Manajemen kurikulum memiliki peran yang sangat penting dalam mempersiapkan kegiatan pembelajaran disemua lembaga pendidikan. Salah satunya adalah Pondok Pesantren Panggung Tulungagung yang saat ini mengalami tantangan arus globalisasi dan modernisasi yang menyebabkan desakan untuk beradaptasi dengan tantangan yang ada. Hasil adaptasi pesantren diantaranya ada yang mengubah menjadi pesantren modern yang diikuti oleh perubahan manajemen kurikulum, di sisi lain masih ada pesantren yang mempertahankan kurikulum tradisional. Namun kedua pesantren tetap stabil dan semakin eksis. Dari latar belakang tersebut, merupakan alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Fokus pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan Kurikukulum Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung? (2) Bagaimana Pelaksanaan Kurikukulum Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung? (3) Bagaimana Evaluasi Kurikukulum Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung? Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Untuk Mengetahui Perencanaan Kurikukulm Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung. (2) Untuk Mengetahui Pelaksanaan Kurikukulum Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung. (3) Untuk Mengetahui Evaluasi Kurikukulum Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi ketua pondok pesantren, dan beberapa teman-teman santri. Teknik analisis data terdiri atas reduksi data, model data dan verifikasi kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Karena pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan dan diketahui kebenarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan kurikulum Pondok Pesantren menghasilkan program kegiatan, strategi mengajar, dan juga sumber dana yang dimasukkan dalam perencanaan kurikulumnya. (2) Pelaksanaan Kurikulum ini dilaksanakan seluruh santri wajib mukim di pondok, mengikuti kegiatan pondok seperti sorogan, syawir sholat berjamaah, pengajian kitab kuning dll. (3) Evaluasi Kurikulum ini dilakukan satu bulan sekali dan juga per semesterguna untuk mengevaluasi diri santri seperti tes membaca manaqib secara langsung hal ini untuk mengetahui karakter santri agar kedepanya bisa lebih baik lagi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 17207153014 MUHAMAD ZAKARIYA ANNAFIS |
Date Deposited: | 22 Aug 2019 08:08 |
Last Modified: | 22 Aug 2019 08:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12616 |
Actions (login required)
View Item |