DEWI LAILATUL FARIDZAH, 17205153136 (2019) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGER 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (672kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (341kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (171kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar di MIN 6 Tulungagung” di tulis oleh Dewi Lailatul Faridzah, NIM .17205153136. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2019, yang dibimbing Muhamad Zaini, MA NIP.19711228199031002. Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Kedisiplinan Siswa, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa perhatian orang tua dan kedisiplinan siswa dapat mempengaruhi tingkah laku dan hasil belajar siswa. Perhatian orang tua sangat besar pengaruhnya pada hasil perilaku yang diperbuat dan sesuai peraturan yang disepakati. Selain itu kedisiplinan siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, karena kedisiplinan siswa baik dalam belajar maupun dalam mentaati tata tertib sudah tertanam di dalam diri siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar di MIN 6 Tulungagung tahun ajaran 2018/2019, (2) untuk menjelaskan pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar di MIN 6 Tulungagung tahun ajaran 2018/2019, (3) untuk menjelaskan pengaruh perhatian orang tua dan kedisplinan siswa terhadap hasil belajar di MIN 6 Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitiannya adalah korelasi, populasinya seluruh siswa kelas I-VI MIN 6 Tulungagung, sampelnya 68 peserta didik, teknik samplingnya menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan regresi linier berganda, sebelumnya dilakukan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji linieritastas, dan asumsi klasik. Pengujian-pengujian tersebut menggunakan bantuan software aplikasi Statistical Product and Service Solution ( SPSS ) 16.0 for windows. Hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar di MIN 6 Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dari tabel output uji regresi linier sederhna diperoleh t hitung = 0,2.109 > t tabel = 0,1.670 dan signifikansi 0,039 < 0,05 maka Ho ditolak. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar di MIN 6 Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dari tabel output uji regresi linier sederhana diperoleh t hitung = 0,2.409 > t tabel = 0,1.670 dan signifikansi 0,019 < 0,05 maka Ho ditolak..(3) Ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar di MIN 6 Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dari tabel output uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa F hitung = 3.759 > F tabel = 3,14 dan signifikansi 0,029 < 0,05 maka H0 ditolak. Besarnya pengaruh perhatian orang tua dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar sesuai perhitungan nilai R square adalah 0.104 artinya 10,4%. Maksud dari angka tersebut yaitu, pengaruh perhatian orang tua dan kedisiplinan terhadap hasil belajar sebesar 10,4% dan 80,6% dipengauhi oleh variabel yang lainnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153136 DEWI LAILATUL FARIDZAH |
Date Deposited: | 01 Aug 2019 08:07 |
Last Modified: | 01 Aug 2019 08:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12651 |
Actions (login required)
View Item |