PENGARUH PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS RAUDLATUT THALABAH NGADILUWIH KEDIRI TAHUN 2018/2019

DEWI NUR ISLAMIYAH, 17201153246 (2019) PENGARUH PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS RAUDLATUT THALABAH NGADILUWIH KEDIRI TAHUN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (512kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendidikan Madrasah Diniyah terhadap Hasil Belajar Siswa di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri Tahun 2018/2019” ini ditulis oleh Dewi Nur Islamiyah, NIM. 17201153246, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, MA, NIP. 197404082007101003. Kata Kunci : Pendidikan Madrasah Diniyah, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi siswa yang tidak meneruskan pendidikan madrasah diniyah karena sudah sekolah pada tingkat menengah pertama selain itu juga karena beberapa orang tua yang berpendapat bahwasanya cukup untuk menyekolahkan anak mereka di lembaga formal saja. Ini menjadikan kurangnya bekal anak untuk masa depan di bidang agama. Melalui pendidikan agama fungsi pendidikan sebagai sarana transformasi pengetahuan mengenai aspek keagamaan dapat terpenuhi (ranah kognitif), sebagai sarana transformasi norma serta moral yang membentuk sikap (ranah afektif) dan berperan mengendalikan prilaku (ranah psikomotorik), yang ketiga hal tersebut bisa dilihat dalam hasil belajar. Rumusan Masalah : (1) Adakah pengaruh pendidikan Madrasah Diniyah terhadap hasil belajar dalam ranah kognitif di MTs. Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri tahun 2018/2019? (2) Adakah pengaruh pendidikan Madrasah Diniyah terhadap hasil belajar dalam ranah afektif di MTs. Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri tahun 2018/2019? (3) Adakah pengaruh pendidikan Madrasah Diniyah terhadap hasil belajar dalam ranah psikomotor di MTs. Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri tahun 2018/2019? (4) Adakah pengaruh pendidikan Madrasah Diniyah terhadap hasil belajar di MTs. Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri tahun 2018/2019? Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif jenis ex-postfacto dengan populasi siswa kelas VII, VIII, dan IX di MTs. Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri tahun 2018/2019 yang terdiri dari 85 siswa. Variabel Bebas : Pendidikan Madrasah Diniyah. Variabel Terikat : Hasil Belajar Siswa. Sumber data : Responden dan dokumen. Teknik pengumpulan data : angket dan dokumentasi. Teknik analisis data : uji validitas, reabilitas, normalitas, liniearitas, regresi linier dan manova dengan bantuan SPSS for Windows 16.0. Hasil Penelitian : (1) Ada pengaruh yang signifikan pendidikan madrasah diniyah terhadap hasil belajar dalam ranah kognitif di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri Tahun 2018/2019. Dari hasil analisis data ditunjukkan dari thitung > ttabel ( 2,576 > 1,667) dan pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi untuk variabel hasil belajar dalam ranah kognitif 0,012 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan pendidikan madrasah diniyah terhadap hasil belajar dalam ranah afektif di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri Tahun 2018/2019. Dari hasil analisis data ditunjukkan dari thitung > ttabel (2,679> 1,667)dan pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi untuk variabel hasil belajar dalam ranah efektif 0,009 < 0,05. (3) Ada pengaruh yang signifikan pendidikan madrasah diniyah terhadap hasil belajar dalam ranah psikomotor di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri Tahun 2018/2019. Dari hasil analisis data ditunjukkan dari thitung > ttabel (2.158 > 1,667) dan pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa nilai signifikansi untuk variabel hasil belajar dalam ranah psikomotor 0,034 < 0,05. (4) Ada pengaruh yang signifikan pendidikan madrasah diniyah terhadap hasil belajar di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri Tahun 2018/2019 yang ditunjukkan oleh nilai sig. < 0,05 yaitu Pillai’s Trace 0,004, Willks’ Lambda 0,004, Hotelling’s Trace 0,004, Roy’s Largest Root 0,001 semuanya menunjukkan < 0,05, sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153246 DEWI NUR ISLAMIYAH
Date Deposited: 02 Aug 2019 06:53
Last Modified: 02 Aug 2019 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12681

Actions (login required)

View Item View Item