PENGARUH METODE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 6 BLITAR

IRFAN MAULANA, 17201153391 (2019) PENGARUH METODE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 6 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (528kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Maulana, Irfan (2019).Pengaruh Metode Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Siswa Kelas VII MTs Negeri 6 Blitar. Dosen Pembimbing : Dr. H. Syamsun Niam, M.Ag. Kunci : Metode Think Pair Share, Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi dan wawancara lapangan di MTs Negeri 6 Blitar dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran SKI siswa kelas VII di MTs Negeri 6 Blitar sangat membutuhkan metode yang tepat sebagai proses penyampaiannya. Hal ini disebabkan cara mengajar guru sebelumnya masih mengandalkan metode mengajar dengan model pembelajaran konvensional, padahal respondennya sudah jelas siswa memiliki latar belakang pendidikan yang tidak sama. Latar belakang tersebut yang membuat peneliti tergerak untuk mencoba mengaplikasikan sebuah metode pembelajaran yang merupakan adopsi dari metode pembelajaran pad materi lain, yaitu metode Think Pair Share . Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ( 1 ) Adakah pengaruh metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) aspek kognitif pada siswa kelas VII di MTsN 6 Blitar dan ( 2 ) Adakah pengaruh metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) aspek afektif pada siswa kelas VII di MTsN 6 Blitar dan ( 3 ) Adakah pengaruh metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada siswa kelas VII di MTsN 6 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Pre-Experimental dengan model desain yang digunakan adalah One Group Pre-Test-Post-Test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTsN 6 Blitar yang berjumlah 196 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7.3 yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Tes berupa pilihan ganda digunakan untuk pengambilan nilai pretest dan nilai posttest sebagai hasil belajar kognitif dan lembar observasi digunakan untuk pengambilan nilai pretest dan nilai posttest sebagai hasil belajar afektif yang akan dianalisis. Instrumen tersebut digunakan untuk memperoleh data yang objektif, maka terlebih dahulu dilakukan pengujian validasi dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah T￾test dan uji manova yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Adanya pengaruh yang signifikan metode Think Pair Share terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam aspek kognitif. Hasil T-test menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel = 13,493 > 1,70814 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan bahwa rata￾rata hasil belajar postest lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar sebelumnya (pretest) pada aspek kognitif, sehingga Ha diterima. 2) Adanya pengaruh yang signifikan metode Think Pair Share terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam aspek afektif. Hasil T-test menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel = 14,030 > 1,70814 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan bahwa rata-rata hasil belajar postest lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar sebelumnya (pretest) pada aspek afektif, sehingga Ha diterima. 3) Adanya pengaruh yang signifikan metode Think Pair Share terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VII di MTsN 6 Blitar. Hasil Uji manova menunjukkan bahwa nilai keduanya 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar dengan penerapan metode Think Pair Share lebih baik daripada hasil belajar dengan penerapan metode pembelajaran konvensional. Hal ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan bagi guru SKI di MTs Negeri 6 Blitar untuk mengaplikasikan metode Think Pair Share maupun metode yang lain yang dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153391 Irfan Maulana
Date Deposited: 05 Aug 2019 08:30
Last Modified: 05 Aug 2019 08:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12744

Actions (login required)

View Item View Item