NUR AZIZAH WULAN SAFITRI, 17205153147 (2019) PENGARUH ANTARA KREATIVITAS GURU DAN KEMAMPUAN MENGELOLA KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
bab I.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
bab II.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (383kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (388kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (169kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skipsi dengan judul “Pengaruh Antara Kreativitas Guru Dan Kemampuan Mengelola Kelas Dengan Prestasi Belajar Siswa Di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Azizah Wulan Safitri, NIM. 17205153147, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr.Hj.Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Kemampuan Mengelola Kelas, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa guru adalah memegang peran penting terhadap pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal disekolah.guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam proses belajar mengajar, karena guru merupakan komponen yang berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah antara kreativitas guru dan kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh antara kreativitas guru dengan prestasi belajar siswa MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir tahun 2018/2019? (2) Adakah pengaruh antara kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir tahun 2018/2019? (3) Adakah pengaruh antara kreativitas guru dan kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir tahun 2018/2019?. Dalam penelitian ini, yang dijadikan populasi adalah siswa kelas I sampai kelas VI MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir yang keseluruhan jumlahnya 178 siswa. Selanjutnya peneliti mengambil sampel dengan cara purposive sampel yaitu kelas IV dan kelas V yang berjumlah 65 siswa sebagai responden. Data peneliti diperoleh dengan cara memberikan angket/kuisioner sejumlah instrumen pertanyaan yang telah dipersiapkan. Sebelum instrument diujikan, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument, sehingga instrument yang diujikan benar-benar valid dan reliabel. Data pendukung yang lain diperoleh dengan observasi dan wawancara kepada kepala sekolah dan siswa. Setelah data diperoleh dari lapangan kemudian teknik analisis data yang digunakan regresi sederhana dan regresi ganda, uji t uji F yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan linieritas data tersebut dianalisis dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1)Ada pengaruh signifikan antara kreatifitas guru dengan prestasi belajar siswa MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Berdasasarkan penelitian hal ini dapat dilihat pada nilai thitung (2,085) > ttabel (1,999). Nilai signifikansi t untuk variabel kreativitas guru adalah 0,041 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,041 < 0.05). 2)Ada pengaruh signifikan antara kemampuan mengelola kelas dengan prestasibelajar siswa MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Berdasarkan penelitian hal ini diperoleh nilai thitung (2,886) > ttabel (1,999). Nilai signifikan t untuk variabel kemampuan mengelola kelas adalah 0,005 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,005 < 0,05). 3)Ada pengaruh signfikan antara kreativits guru dan kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Berdasarkan penelitian hal ini diperoleh perhitungan menunjukkan Fhitung > Ftabel (5.689 > 3,146) dan tingkat signifikan 0,005 < 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas � yang ditetapkan (0,005 < 0,05). Sumbangan pengaruh variabel kreativitas guru dan kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tahun Ajaran 2018/2019 adalah sebesar 12,8% sedangkan 87,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153147 NUR AZIZAH WULAN SAFITRI |
Date Deposited: | 29 Aug 2019 03:20 |
Last Modified: | 29 Aug 2019 03:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12803 |
Actions (login required)
View Item |