FARIK ASTRAFIKKA, 17205153240 (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (790kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (432kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (166kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (392kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Farik Astrafikka, 17205153240, Pengaruh Strategi Pembelajaran Think Talk Write terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Luk Luk Nur Mufidah, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Think Talk Write, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi siswa saat mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas sehingga berdampak pada hasil belajar yang rendah. Hal ini disebabkan oleh pemilihan strategi pembelajaran yang masih bersifat konvensional yang cenderung kurang menarik dan masih didominasi oleh guru. Salah satu cara untuk membuat siswa lebih tertarik dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi. Oleh karena itu peneliti mencoba mengunakan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Melalui strategi ini diharapkan peserta didik dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan meningkatkan keaktifan siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh strategi pembelajaran think talk write terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung? (2) Adakah pengaruh strategi pembelajaran think talk write terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung? (3) Adakah pengaruh secara bersama-sama antara strategi pembelajaran think talk write terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh strategi pembelajaran Think Talk Write terhadaap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan pengaruh strategi pembelajaran Think Talk Write terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. (3) Untuk menjelaskan pengaruh secara bersama-sama antara strategi pembelajaran Think Talk Write terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Metode penelitian, penelitian pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Teknik sampling yang digunakan non probability sampling yaitu purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung, sampel yang diambil adalah siswa kelas III A dan III B SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode tes, angket, dandokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Manova yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh strategi pembelajaran think talk write terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan Uji Manova dari tabell Test of Between-Subjects Effect menunjukkan nilai motivasi belajar siswa mempunyai tingkat signifikansi yaitu 0,023 < 0,05 maka
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153240 FARIK ASTRAFIKKA |
Date Deposited: | 12 Aug 2019 06:42 |
Last Modified: | 12 Aug 2019 06:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12805 |
Actions (login required)
View Item |