IRNADA YULIANA, 17201153168 (2019) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kemampuan Komuniksasi Interpersonal Guru Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MA Darul Huda Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Irnada Yuliana dengan NIM. 17201153168. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagunf, yang dibimbing oleh Bapak Muh. Basuni, M. Pd, NIP. 19780312 200312 1 001. Kata Kunci : Komunikasi, Interpersonal, Karakter. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang sering bolos sekolah, tidur didalam kelas saat pelajaran sedang berlangsung, kurang sopan santun, kurang bisa menghargai orang lain dan juga merokok. Dengan adanya berbagai masalah menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang ada di sekolah kurang begitu diperhatikan. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk membentuk karakter siswa dapat dilakukan dengan komunikasi interpersonal. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah komunikasi interpersonal guru Akidah Akhlak dengan pembentukan karakter siswa. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan adakah pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal guru Akidah Akhlak terhadap pembentukan karakter siswa pada aspek religius di MA Darul Huda Wonodadi Blitar; (2) Untuk menjelaskan adakah pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal guru Akidah Akhlak terhadap pembentukan karakter siswa pada aspek disiplin di MA Darul Huda Wonodadi Blitar; (3) Untuk menjelaskan adakah pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal guru Akidah Akhlak terhadap pembentukan karakter siswa pada aspek tanggung jawab di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data berupa Regresi Linier Sederhana. Populasi berjumlah 164 siswa di MA Darul Huda Wonodadi Blitar dan sampel sebanyak 54 siswa dengan menggunakan teknik sample random sampling. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: metode angket, dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi interpersonal guru Akidah Akhlak terhadap pembentukan karakter siswa pada aspek religius di MA Darul Huda Wonodadi Blitar yang ditunjukkan dengan thitung sebesar 3.150 dan nilai sig sebesar 0,003 yang berarti dapat diketahui thitung= 3.150 > ttabel = 1.673 dan signifikansi 0,003 < 0,05 dan pengaruhnya sebesar 16 %; (2) Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi interpersonal guru Akidah Akhlak terhadap pembentukan karakter siswa pada aspek disiplin dengan thitung sebesar 2.438 dan nilai sig sebesar 0,000 yang berarti dapat diketahui thitung= 2.438 > ttabel = 1.673 dan signifikansi 0,020 < 0,05, dan pengaruhnya sebesar 14,5 %; (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi interpersonal guru Akidah Akhlak terhadap pembentukan karakter siswa pada aspek tanggung jawab dengan thitung sebesar 2.818 dan nilai sig sebesar 0,008 yang berarti dapat diketahui thitung= 8.613 > ttabel = 1.673 dan signifikansi 0,008 < 0,05 dan pengaruhnya sebesar 18,5 %.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153168 IRNADA YULIANA |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 02:54 |
Last Modified: | 09 Aug 2019 02:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12841 |
Actions (login required)
View Item |