PENGEMBANGAN PANDUAN SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA BINAAN DALAM MENAATI TATA TERTIB DI UPT PSBR BLITAR

yusup irawan, 17306153030 (2019) PENGEMBANGAN PANDUAN SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA BINAAN DALAM MENAATI TATA TERTIB DI UPT PSBR BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

i ABSTRAK Irawan, Yusup. 2019. Pengembangan Panduan Sosiodrama untuk Meningkatkan Kedisiplinan siswa binaan dalam menaati tata tertib di UPT PSBR Blitar. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Desika Nanda Nurvita, M. Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Panduan Sosiodrama, Kedisiplinan Munculnya pelanggaran-pelanggaran tata tertib yang disebabkan karena lemahnya kedisiplinan siswa menjadi latar belakang penelitian pengembangan panduan sosiodrama untuk meningkatkan kedisiplinan siswa binaan dalam menaati tata tertib di UPT PSBR Blitar ini dilakukan. Sebagai hasil penelitian ini, maka diperlukan suatu panduan sosiodrama sebagai salah satu metode untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam menaati tata tertib. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana hasil dari pengembangan panduan sosiodrama untuk meningkatkan kedisiplin siswa binaan dalam menaati tata tertib di UPT PSBR Blitar yang memenuhi kriteria kebergunaan, kelayakan, ketepatan, dan kemenarikan Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan panduan sosiodrama untuk meningkatkan kedisiplinan siswa binaan dalam menaati tata tertib UPT PSBR Blitar sebagai salah satu teknik yang dapat digunakan pembimbing dalam memberikan layanan bimbingan pribadi-sosial yang berterima secara teoritis dan praktis.Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengadaptasi langkah-langkah dari Borg dan Gall. Prosedur penelitian pengembangan yang digunakan terdiri dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, validasi produk, dan uji kelompok kecil. Penelitian ini dilaksanakan di UPT PSBR Blitar. Berdasarkan penilaian para ahli, pedoman sosiodrama ini berterima secara teoritis. Hal ini diketahui dari hasil penilaian uji ahli bimbingan dan konseling dari total rerata secara keseluruhan aspek diperoleh nilai rerata 3,075 dalam rentangan 0-4 berarti produk sangat baik. Hasil dari uji ahli drama diperoleh total rerata secara keseluruhan aspek dengan nilai 3,05. Dari hasil penilaian uji ahli media dapat diketahui penilaian pada aspek ketepatan dan kemenarikan dengan nilai rerata keseluruhan 2,98. Dari hasil penilaian uji ahli calon pengguna produk dapat diketahui hasil perhitungan total rerata secara keseluruhan aspek diperoleh nilai rerata 3. Dari penilaian tersebut, disimpulkan produk panduan sosiodrama sangat baik dan layak digunakan. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa, produk pengembangan panduan sosiodrama untuk meningkatkan kedisiplinan siswa binaan dalam menaati tata tertib sudah berkualitas baik dan dapat berterima secara teori maupun praktis. Saran bagi peneliti selanjutnya supaya dilanjutkan dengan eksperimen untuk mengetahui keefektifan panduan guna diperoleh hasil yang akurat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: skripsi 17306153030 yusup irawan
Date Deposited: 09 Aug 2019 03:01
Last Modified: 09 Aug 2019 03:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12844

Actions (login required)

View Item View Item