KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII-F SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

Rista Risqi Khoiriyah, 17204153015 (2019) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII-F SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII-F SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung ” ditulis oleh Rista Risqi Khoiriyah, NIM. 17204153015, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd.. Kata Kunci: Kemampuan Panalaran Matematis, Operasi Bentuk Aljabar, Gaya Belajar Latar belakang penelitian ini adalah sebuah fenomena tentang perbedaan gaya belajar dapat mempengaruhi kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Dalam hal ini, peneliti mengungkap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII-F SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung yang ditinjau berdasarkan gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII-F SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar berdasarkan gaya belajar, yakni siswa bergaya belajar visual, siswa bergaya belajar auditori, dan siswa bergaya belajar kinestetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek yang dipilih adalah siswa kelas VII-F SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung sebanyak 6 orang, yaitu 2 orang siswa bergaya belajar visual, 2 orang siswa bergaya belajar auditori, dan 2 orang siswa bergaya belajar kinestetik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa bergaya belajar visual dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar di kelas VII-F SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung sangat baik, karena memenuhi empat indikator kemampuan penalaran matematis yakni (1) melakukan manipulasi matematika, (2) memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi, (3) menarik kesimpulan dari pernyataan, (4) memeriksa kesahihan suatu argumen, Kemampuan penalaran matematis siswa bergaya belajar auditori dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar di kelas VII-F SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung baik, karena memenuhi tiga indikator kemampuan penalaran matematis yakni (1) melakukan manipulasi matematika, (2) menarik kesimpulan dari pernyataan, (3) memeriksa kesahihan suatu argumen, dan kemampuan penalaran matematis siswa bergaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar di kelas VII-F SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung baik, karena memenuhi tiga indikator penalaran yakni (1) melakukan manipulasi matematika, (2) menarik kesimpulan dari pernyataan, (3) memeriksa kesahihan suatu argumen.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153015 Rista Risqi Khoiriyah
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:43
Last Modified: 13 Aug 2019 07:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12925

Actions (login required)

View Item View Item