IMA ROSITA, 17204153031 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS KELAS VIII MTS SUNAN AMPEL RINGINREJO KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (971kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (370kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (228kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (471kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (271kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Luas Permukaan dan Volume Kubus Kelas VIII MTs Sunan Ampel Ringinrejo Kediri Tahun Ajaran 2018/2019” ditulis oleh Ima Rosita, NIM. 17204153031, pembimbing Musrikah, M. Pd. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Teori van Hiele, Kubus Pada pembelajaran matematika, siswa selalu diharapkan mampu melakukan penalaran. Karena matematika sangat erat kaitannya dengan penalaran. Dari hasil observasi yang dilakukan peneliti, diindikasikan bahwa siswa MTs memiliki kemampuan penalaran yang rendah. Hal ini terlihat ketika siswa MTs diberikan soal non-rutin mereka terlihat kesulitan dalam mengerjakannya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa level analisis berdasarkan teori van hiele pada materi luas permukaan dan volume kubus di kelas VIII MTs Sunan Ampel Ringinrejo Kediri Tahun Ajaran 2018/2019, (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa level deduksi informal berdasarkan teori van hiele pada materi luas permukaan dan volume kubus di kelas VIII MTs Sunan Ampel Ringinrejo Kediri Tahun Ajaran 2018/2019, (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa level deduksi formal berdasarkan teori van hiele pada materi luas permukaan dan volume kubus di kelas VIII MTs Sunan Ampel Ringinrejo Kediri Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 5 siswa yang didasarkan pada hasil tes berpikir van Hiele. Subjek tersebut terdiri dari satu subjek level analisis, dua subjek level deduksi informal dan dua subjek dengan level deduksi formal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penalaran siswa dengan level analisis masuk dalam kemampuan penalaran induktif. (2) Penalaran siswa dengan level deduksi informal masuk dalam kemampuan penalaran induktif dan kemampuan penalaran deduktif. (3) Penalaran siswa dengan level deduksi formal masuk dalam kemampuan penalaran deduktif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153031 IMA ROSITA |
Date Deposited: | 13 Aug 2019 06:53 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 06:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12933 |
Actions (login required)
View Item |