PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN FIQIH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

VITRI YATULLATIFAH, 17201153242 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN FIQIH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (543kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (581kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (821kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Pada Pembelajaran Fiqih Terhadap Hasil Belajar Siswa Kels VIII Di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Vitri Yatullatifah, NIM 17201153242, pembimbing oleh Dr. Muh. Kharis, M. Pd. Kata Kunci: Kooperatif Tipe STAD, Pembelajaran Fiqih, Hasil Belajar Kurangnya minat siswa terhadap pelajaran fiqih merupakan salah satu masalah yang terjadi dilembaga pendidikan Pembelajaran Fiqih dalam kurikulum Madrasah Tsanawiyah merupakan salah satu bagian mata pelajaran yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik untuk mampu mengenal, memahami, menghayati, dan mengamalkan hukum Islam, yang kemudian menjadi dasar pandangan hidup (way of life) melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta pengalaman. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, kenyataannya pendidikan agama di sekolah dianggap kurang memberikan kontribusi ke arah tersebut. Setelah ditelusuri pendidikan agama di sekolah MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung mengalami kendala antara lain waktu yang tersedia hanya 2 jam pelajaran. Selain itu, guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional yang menyebabkan siswa merasa bosan dan jenuh ketika pembelajaran fiqih berlangsung. Dari beberapa permasalahan yang ada dilapangan mengakibatkan kurangnya antusias sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi model pembelajaran yang efektif yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Inovasi tersebut adalah dilakukan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran tipe student team achievement divisions (STAD) pada pembelajaran fiqih terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa kelas VIII MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran tipe student team achievement divisions (STAD) pada pembelajaran fiqih terhadap hasil belajar ranah afektif siswa kelas VIII MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe student team achievement divisions (STAD) pada pembelajaran fiqih terhadap hasil belajar ranah psikomotorik siswa kelas VIII MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Sultan Agung Jabalsari yang terdiri dari dua kelas. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yakni kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, angket, dan dokumentasi, sedangkan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran fiqih terhadap hasil belajar kognitif yang ditunjukkan dengan nilai taraf Sig. 0,003< 0,05 (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran fiqih terhadap hasil belajar afektif yang ditunjukkan dengan nilai taraf Sig. 0,000 < 0,05 (3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran fiqih terhadap hasil belajar psikomotorik yang ditunjukkan dengan nilai taraf Sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153242 VITRI YATULLATIFAH
Date Deposited: 16 Aug 2019 06:44
Last Modified: 16 Aug 2019 06:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12980

Actions (login required)

View Item View Item