STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PADA KELAS RENDAH DI SDN NGLUTUNG I SENDANG TULUNGAGUNG

TUTIK WIDIYAWATI, 17205153083 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PADA KELAS RENDAH DI SDN NGLUTUNG I SENDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (595kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (341kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (173kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul“Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Kelas Rendah di SD Nglutung I Sendang Tulungagung”, ini ditulis oleh Tutik Widiyawati, NIM 17205153083. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs.H.JANI.MM,M.Pd. NIP.196602101985031001. Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Membaca Latar belakang pada penelitian ini adalah pembahasan tentang strategi guru,dalam bidang pendidikan istilah strategi disebut juga teknik atau cara yang sering dipakai secara bergantian. Untuk memahami strategi atau teknik maka penjelasannya biasanya dikaitkan dengan istilah pendekatan dan metode. Strategi adalah suatu cara atau metode yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan agar terjadi kesesuaian dengan teknik yang diinginkan dalam mencapai tujuan. Pembahasan strategi bertujuan untuk pemecahan masalah kesulitan membaca pada kelas rendah di SD Nglutung I Sendang Tulungagung. Rumusan masalah penelitian ini antara lain: (1) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca pada kelas rendah di SD Nglutung I Sendang Tulungagung? (2) Bagaimana hambatan dan faktor pendukung strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca pada kelas rendah di SD Nglutung I Sendang Tulungagung? dan (3) Bagaimana solusi guru dalam mengatasi kesulitan membaca pada kelas rendah di SD Nglutung I Sendang Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah 1.Untuk mendeskripsikan langkah strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca pada kelas rendah di SDN Nglutung I Sendang Tulungagung. 2. Untuk mendeskripsikan hambatan dan faktor pendukung strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca pada kelas rendah di SDN Nglutung I Sendang Tulungagung. 3. Untuk mendeskripsikan solusi guru dalam mengatasi kesulitan membaca pada kelas rendah di SDN Nglutung I Sendang Tulungagung. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif .Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode interview (wawancara), Observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data dalam penelitian ini menghasilkan beberapa strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca yaitu: 1.bimbingan belajar.2.penambahan jam pelajaran 3. Pengarahan dan memotivasi belajar membaca.Pembahasan faktor penghambat dan faktor pendukung dari masalah kesulitan membaca yaitu:Faktor Pendukung:1. adanya minat belajar membaca dari siswa.2.Tersedianya fasilitas atau sarana prasarana yang dapat menunjang proses belajar membaca.3.Kerjasama lembaga sekolah dengan wali murid.Faktor Penghambat:1.kurangadanya kesadaran dari siswa tentang pentingnya belajar membaca.2.disiplin sekolah yang sering disepelekan oleh siswa.3.lingkungan dan keadaan ekonomi keluarga yang rendah sehingga anak didik atau siswa tidak mendapat perhatian dan kontrol dari orang tua untuk belajar membaca.Solusi guru dalam mengatasi kesulitan membaca yaitu:1.bimbingan terhadap anak yang kurang mengenali huruf, langkah yang harus ditempuh guru misalnya dengan menjadikan huruf sebagai bahan nyanyian danmenampilkan huruf dan mendiskusikan bentuk huruf (karakteristiknya) khususnya huruf-huruf yang memiliki kemiripan bentuk misalnya “p”, “b”, dan “d”.2.bimbingan terhadap anak yang membaca kata demi kata (mengeja) langkah yang ditempuh guru misalnya dengan menggunakan bacaan yang tingkat kesulitannya rendah dan anak disuruh menulis kalimat dan membacanya dengan keras atau disebut (mendikte).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153083 TUTIK WIDIYAWATI
Date Deposited: 27 Aug 2019 06:37
Last Modified: 27 Aug 2019 06:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13210

Actions (login required)

View Item View Item