IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 DOKO BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

DWI SAYIDA KHOIRUL UMAH, 1721143120 (2019) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 DOKO BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Penilaian Autentik berdasarkan Kurikulum 2013 oleh Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Doko Blitar Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Dwi Sayida Khoirul Umah, NIM 1721143120, dengan pembimbing Anissatul Mufarokah, S.Ag, M.Pd Kata Kunci: Penilaian Autentik, Kurikulum 2013, Guru PAI Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru tidak terlepas dari kegiatan penilaian. Dalam penilaian pembelajaran ini, penilaian autentik menjadi salah satu ciri dalam standar penilaian Kurikulum 2013. Namun, pada kenyataannya banyak guru yang masih kesulitan untuk mengimplemantasikan penilaian autentik. Kesulitan terletak pada rumitnya pembuatan rubrik penilaian. Selain itu, waktu yang dibutuhkan dalam pengimplementasian penilaian itu cukup lama. Penelitian ini difokuskan pada penilaian autentik guru Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013, adapun pertanyaan-pertanyaan penelitiannya adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah implementasi penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 pada aspek afektif oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Doko Blitar Tahun Ajaran 2018/2019? (2)Bagaimanakah implementasi penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 pada aspek kognitif oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Doko Blitar Tahun Ajaran 2018/2019?.(3) Bagaimanakah implementasi penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 pada aspek psikomotorik oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Doko Blitar Tahun Ajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui implementasi penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 pada aspek afektif oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Doko Blitar Tahun Ajaran 2018/2019 (2) untuk mengetahui implementasi penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 pada aspek kognitif oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Doko Blitar Tahun Ajaran 2018/2019. (3) untuk mengetahui implementasi penilaian autentik berdasarkan kurikulum 2013 pada aspek psikomotorik oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Doko Blitar Tahun Ajaran 2018/2019 Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengn metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah di SMPN 1 Doko Blitar. Teknik pengumpulaln data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan dengan menggunakan waktu pelaksanaan observasi diperpanjang, observasi yang kontinu dan triangulasi. Dimana peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan tektnik triangulasi metode. Hasil penelitian ini yaitu, pertama bahwa penilaian autentik guru Pendidikan Agama Islam dalam aspek sikap (religius dan sosial) diSMPN 1 Doko Blitar menggunakan berapa teknik penilaian. Teknik penilaian yang digunakan adalah observasi, penilaian diri, jurnal dan penilaian antar teman. Dalam penerapannya guru belum menggunakan instrumen yang jelas. Sehingga bisa menimbulkan penilaian tidak objektif. Dalam memberi nilai guru Pendidikan Agama Islam menggunakan menggunkan sistem penskoran. Rentang skor yang digunakan mulai dari angka 1, 2, 3 dan 4. Skor 1 menunjukkan nilai kurang (K), skor 2 menunjukkan nilai cukup (C), skor 3 menunjukkan nilai baik (B), dan skor 4 menunjukkan nilai sangat baik (SB). Kedua, Penilaian autentik guru Pendidikan Agama Islam dalam aspek pengetahuan di SMPN 1 Doko Blitar menggunakan teknik penilaian tes tertulis, tes lisan dan penugasan. Tes tertulis digunakan dalam Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester. Tes lisan digunakan di awal dan di akhir pembelajaran dan juga pertengahan pembelajaran untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Sedangkan penugasan penugasan bertujuan untuk memperdalam terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan yang telah dipelajari di dalam kelas melalui proses pembelajaran. Ketiga, Penilaian autentik guru Pendidikan Agama Islam dalam aspek keterampilan di SMPN 1 Doko Blitar menggunakan teknik praktik dan proyek. Teknik praktik diwujudkan dengan membaca atau menghafal dalil dari Al-Quran ataupun hadis yang berkaitan dengan materi pembelajaran dan juga untuk praktek beribadah seperti wudhu dan sholat. Sedangkan , teknik proyek bisa digunakan dengan memberikan tugas untuk membuat peta konsep dan merangkum dengan mencari materi tambahan lewat buku yang ada di perpustakaan ataupun lewat internet sesuai dengan kreatifitas siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143120 DWI SAYIDA KHOIRUL UMAH
Date Deposited: 30 Aug 2019 02:09
Last Modified: 30 Aug 2019 02:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13263

Actions (login required)

View Item View Item