RETNO ALFIANTI, 12506174061 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT LITERASI (Studi Multisitus di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Terpadu Al-Anwar Trenggalek). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (573kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (135kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran PAI dalam meningkatkan semangat literasi siswa di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Terpadu Al-Anwar Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Retno Alfianti dengan promotor Dr. Khoirul Anam, M.Pd dan Dr. Maftukhin, M.Ag. Kata Kunci : strategi pembelajaran, PAI, semangat literasi siswa Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya keterampilan literasi siswa khususnya dalam kegiatan membaca dan menulis. Untuk meningkatkan tingkat literasi siswa perlu adanya usaha di bidang pendidikan khususnya di mata pelajaran PAI karena mata pelajaran PAI merupakan mata pelajaran wajib untuk siswa yang beragama Islam di lembaga pendidikan. Selain itu mata PAI merupakan mata pelajaran yang mampu membentengi moral dan mengawasi tingkah laku seseorang di eral milenial. Untuk menumbuhkan semangat literasi di mata pelajaran PAI maka dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat, berupa strategi pengorganisasian, penyampaian dan pengelolaan. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pengorganisasian pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Semangat Literasi Siswa di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Terpadu Al-Anwar Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana strategi penyampaian pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Semangat Literasi Siswa di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Terpadu Al-Anwar Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019? (3) Bagaimana strategi pengelolaan pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Semangat Literasi Siswa di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Terpadu Al-Anwar Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019?, (4) bagaimana hasil strategi pembelajaran PAI dalam meningkatkan semangat literasi siswa di di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Terpadu Al-Anwar Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan strategi pengorganisasian pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Semangat Literasi Siswa di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Terpadu Al-Anwar Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019 (2) Mendeskripsikan strategi penyampaian pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Semangat Literasi Siswa di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Terpadu Al-Anwar Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019 (3) Mendeskripsikan strategi pengelolaan pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Semangat Literasi Siswa di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Terpadu Al-Anwar Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019 (4) mendeskripsikan hasil startegi pembelajaran PAI dalam meningkatkan semnagat literasi siswa di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Terpadu Al-Anwar Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019 Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan kasus yang ada di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Al Anwar Trenggalek. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1)Strategi pengorganisasian PAI dalam meningkatkan semangat literasi siswa di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Al-Anwar Trenggalek yaitu dengan membuat kebijakan setiap siswa diwajibkan untuk membuat paper sebagai salah satu syarat kelulusan dikelas XII dengan tema yang sesuai dengan minat siswa yang telah disetujui oleh guru pembimbing, Membuatan tahapan-tahapan yang di lakukan oleh siswa ketika melakukan penulisan Paper dan Guru bidang keagamaan menyampaikan materi kepada siswa sesuai dengan materi pelajarannya dengan adanya tambahan materi untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan siswa. (2) Strategi penyampaian pembelajaran PAI dalam meningkatkan semangat literasi siswa MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Al-Anwar Trenggalek dengan menggunakan metode yang digunakan dalam meningkatkan semangat literasi siswa di kedua lembaga yaitu metode seminar yang disampaikan secara umum oleh lembaga. Adapun metode dalam pembelajaran yaitu menggunakan metode penugasan, pembiasaan, tanya jawab, problem solving dan diskusi. Adapun media yang digunakan dalam meningkatkan semangat literasi dalam proses pembelajaran PAI yaitu buku pelajaran dan LCD proyektor.(3) Strategi pengelolaan pembelajaran PAI dalam meningkatkan semangat literasi siswa di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Al-Anwar Trenggalek meliputi penjadwalan dan pengelolaan motivasi. Penjadwalan yang dilakukan oleh lembaga dimulai dari kelas X dan penjadwalan penggunaan strategi pengorganisasian dan penyampaian dilakukan disetiap pertemuan pelajaran keagaman. Untuk Pengelolaan motivasi dilakukan dengan pemberian pemahaman tentang manfaat dan pentingnya kegiatan membaca dan menulis di dalam maupun diluar pembelajaran., menjelaskan tujuan belajar yang berkaitan dengan kegiatan membaca dan menulis, pemberian reward dan pemberian hukuman (4) hasil strategi pembelejaran berupa asanya kebiasaan siswa dalam melakukan kegiatan literasi dan dihasilkannya paper oleh siswa sebagai karta tulis mereka.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506174061 RETNO ALFIANTI |
Date Deposited: | 13 Sep 2019 03:48 |
Last Modified: | 13 Sep 2019 03:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13417 |
Actions (login required)
View Item |