PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PEER LESSON TERHADAP MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDY QUASI EXPERIMENTAL) DI SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG

SITI ROHMATUL AZISZAH, 17201153158 (2019) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PEER LESSON TERHADAP MOTIVASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDY QUASI EXPERIMENTAL) DI SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (528kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (634kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (66kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Peer Lesson terhadap Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Study Quasi Experimental) Di SMPN 1 Ngantru Tulungagung” ditulis oleh Siti Rohmatul Aziszah (17201153158) Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Peer Lesson, Motivasi Belajar, dan Keaktifan Belajar Latar belakang penelitian ini yakni adanya guru yang masih menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah) yang berpusat pada guru. Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran yang dapat menjadikan siswa berperan aktif, bersemangat, dan tertarik dengan materi yang disampaikan. Strategi pembelajaran tersebut adalah peer lesson. Strategi pembelajaran peer lesson merupakan suatu strategi yang dapat membantu meningkatkan rasa tanggung jawab siswa secara mandiri untuk menguasai materi pembelajaran yang telah ditentukan dan mengajarkan atau menyampaikan materi tersebut kepada kelompok lain. Rumusan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh strategi pembelajaran Peer Lesson terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngantru Tulungagung? (2) Adakah pengaruh strategi pembelajaran Peer Lesson terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngantru Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran Peer Lesson terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngantru Tulungagung, (2) mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran Peer Lesson terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis desain quasi experimental. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis datanya menggunakan tiga uji, yaitu: (1) Uji Instrumen (validitas, reliabilitas), (2) Uji Prasyarat (normalitas dan homogenitas), (3) Uji Hipotesis (uji t). Metode pengambilan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini (1) hasil uji-t sampel bebas diperoleh nilai Sig.(2-tailed)= 0,011 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh strategi pembelajaran Peer Lesson terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Ngantru. (2) hasil uji-t sampel bebas diperoleh nilai Sig.(2-tailed)= 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh strategi pembelajaran Peer Lesson terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Ngantru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153158 SITI ROHMATUL AZISZAH
Date Deposited: 26 Sep 2019 02:10
Last Modified: 26 Sep 2019 02:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13461

Actions (login required)

View Item View Item