IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM CAMBRIDGE PADA INTERNATIONAL CLASS PROGRAM (ICP) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA (Studi Multi Kasus Di SD Lab UM Kota Blitar dan SDI Bayanul Azhar Tulungagung)

NAILIA IZZA CHOIRINA, 1755154033 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM CAMBRIDGE PADA INTERNATIONAL CLASS PROGRAM (ICP) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA (Studi Multi Kasus Di SD Lab UM Kota Blitar dan SDI Bayanul Azhar Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (333kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul ”Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Cambridge pada International Class Program (ICP) dalam meningkatkan Kompetensi Siswa” ini ditulis oleh Nailia Izza Choirina dengan dibimbing oleh Dr. Susanto, M.Pd dan Dr. Nur Kholis, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajarn International Class Program, Kurikulum Cambridge. Penelitian tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada tingkat pendidikan dasar, pembelajaran dengan mengadopsi kurikulum internasional dapat memotivasi dan menumbuhkan semangat inovasi pendidikan di sekolah-sekolah nasional, yang akan berimplikasi pada kompetensi peserta didik. Maka Pendidikan Dasar Laboratorium Universitas Negeri Malang yang berada di Kota Blitar mengintegrasikan Cambridge International Primary Programme dan menjalin kemitraan dengan sekolah lain termasuk SDI Bayan AlAzhar Tulungagung. Cambridge International Primary Program mememiliki program belajar yang terangkum dalam framework sebagai acuan dalam penyusunan perangkat pembelajaran. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis Kurikulum Cambridge pada internasional class program di SD Lab UM dan SDI Bayan Al-Azhar Tulungagung?; (2) Bagaimana proses pembelajaran berbasis Kurikulum Cambridge di SD Lab Um dan SDI Bayan Al-Azhar Tulungagung?; (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum Camridge di SD Lab UM dan SDI Bayan Al-Azhar Tulungagung? Tujuan dalam pada penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran berbasis Kurikulum Cambridge pada internasional class program di SD Lab UM dan SDI Bayan Al-Azhar Tulungagung; (2) Mendeskripsikan proses pembelajaran berbasis Kurikulum Cambridge di SD Lab Um dan SDI Bayan Al-Azhar Tulungagung; (3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum Camridge di SD Lab Um dan SDI Bayan AlAzhar Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan multi kasus. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara mendalam, dokumentasi, observasi terfokus dan observasi partisipatori. Penentuan informan secara purposive. Informan kunci ditetapkan berdasarkan atas pemahaman dan intensitas keterlibatan dalam mekanisme kurikulum sekolah. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data menggunakan analisis induktif untuk menyusun generalisasi temuan penelitian. Data dimulai dengan analisis kasus tunggal dari masing-masing kasus, sehingga didapat temuan tentative kasus tunggal. Berdasarkan hasil temuan tentatif kasus tunggal dari masing-masing kasus, dilanjutkan analisis lintas kasus. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji: (1) kredibilitas, melalui (a) triangulasi sumber dan metode (b) tranferabilitas (c) dependabilitas dan (d) konfirmabilitas. Temuan penelitian dalam penelitian ini adalah berikut(1) perencanaaan pembelajaran berbasis Kurikulum Cambridge dilakukan oleh setiap guru pengampu mata pelajaran Cambridge dengan mendatangkan tim ahli pada setiap awal tahun, (2) proses pembelajaran berbasis Kurikulum Cambridgemenggunakan media worksheet yang disusun oleh guru dengan menerapkan sistem belajar siswa aktif dan metode mastery learning, (3) evaluasi pembelajaran berbasis Kurikulum Cambridge dilakukan selama proses pembelajarn dan dilakukan test Cambridge Progression Test dan Cambridge Checkpoint Test, diakomodasi sebagai program standar untuk penilaian dan uji kualifikasi internasional. Dari hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis Kurikulum Cambridge dengan menerapkan sistem belajar siswa aktif dan mastery learning dapat memotivasi belajar siswa sehingga kompetensi siswa meningkat dengan baik, dalam aspek kogntif, afektif dan psikomotornya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: Tesis 1755154033 Nailia Izza Choirina
Date Deposited: 22 Nov 2019 08:12
Last Modified: 14 Apr 2020 03:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13592

Actions (login required)

View Item View Item