PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR SISWA KELAS VII SMP PGRI 02 SENDANG TAHUN AJARAN 2017/2018

DIKHA ZAHROTUL AZIZAH, 2814133042 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR SISWA KELAS VII SMP PGRI 02 SENDANG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (516kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Aljabar Kelas VII SMP PGRI Sendang Tahun Pelajaran 2017/2018”, ini ditulis oleh Dhika Zahrotul Azizah dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode konvensional dimana siswa hanya pasif dalam menerima pembelajaran sedangkan pada kurikulum sekarang siswa dituntut untuk lebih aktif dari pada guru. Dalam hal ini diperlukan pembelajaran yang inovasi dengan harapan dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga hasil belajar juga meningkat. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang mulai menurun. Think pair share merupakan tipe pembelajaran yang berbasis kerja kelompok dengan meminta siswa untuk berpasangan dalam memecahkan masalah yang diberikan oleh guru dan selanjutnya dipresentasikan. Diharapkan diskusi ini dapat memperdalam makna dari jawaban yang telah dipikirkannya melalui intersubjektif dengan pasangannya. Rumusan masalahnya adalah 1) Apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika materi Aljabar kelas VII SMP PGRI 02 Sendang Tahun Ajaran 2017/2018? 2) Seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika materi Aljabar kelas VII SMP PGRI 02 Sendang Tahun Ajaran 2017/2018? Pendekatan penelitiannya adalah penelitian kuantitatif, dengan bentuk desain penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP PGRI 2 Sendang yang berjumlah 58 siswa. Sampel penelitiannya adalah kelas VII SMP PGRI 2 Sendang yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen jumlah siswa 28, untuk kelas VII-B sebagai kelas kontrol jumlah siswa 10. Teknik pengumpulan data tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan menggunakan rumus t-test dengan bantuan SPSS 22.00. Hasil penelitiannya adalah 1) Ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam pembelajaran Matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP PGRI 02 Sendang Tahun Ajaran 2017/2018, yang dibuktikan dari yang diperoleh dari thitung 4.684 > ttabel 1.688, yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Besar Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam pembelajaran Matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP PGRI 02 Sendang Tahun Ajaran 2017/2018 adalah 1,14, di dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s tergolong tinggi dengan prosentase sebesar 86%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133042 DIKHA ZAHROTUL AZIZAH
Date Deposited: 30 Oct 2019 06:23
Last Modified: 30 Oct 2019 06:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13662

Actions (login required)

View Item View Item