IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ETIKA BISNIS ISLAM DI NUSANTARA MART REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

AYU WIDYARTI, 17402153020 (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ETIKA BISNIS ISLAM DI NUSANTARA MART REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (724kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Nilai-Nilai Etika Bisnis Islam di NUsantara Mart Rejotangan Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Ayu Widyarti, NIM. 17402153020, pembimbing Jusuf Bachtiar, S.S.,M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana implementasi nilai-nilai etika bisnis islam di NUsantara Mart Rejotangan Kabupaten Tulungagung, sudahkan NUsantara Mart menerapkan etika bisnis yang didasarkan pada etika bisnis Islam mengingat NUsantara Mart adalah swalayan Islam yang didirikan karena kehendak dari jamaah dan jamiiyyah. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1).Bagaimana penerapan etika bisnis Islam di swalayan NUsantara Mart Rejotangan . 2).Apa saja kendala yang dihadapi NUsantara Mart dalam penerapan etika bisnis Islam .3). Bagaimana solusi yang dilakukan NUsantara Mart untuk mengatasi kendala penerapan etika bisnis Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskripti, dengan jenis penelitian studi kasus yang merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif, dimana peneliti melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap program, kejadian, proses, aktivitas terhadap satu atau lebih orang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penerapan etika bisnis di NUsantara Mart Rejotangan sudah sesuai dengan nilai-nilai etika bisnis islam, dimana ditunjukkan melalui setiap aktivitas di NUsantara Mart Rejotangan yang disesuaikan dengan ajaran agama islam. etika bisnis islam di NUsantara Mart Rejotangan menggunakan tauhid yaitu keseimbangan maupun tanggung jawab dalam hal ini NUsantara Mart tidak hanya mencari keuntungan semata, akan tetapi juga memberikan kontribusi berupa pemberdayaan masyarakat sekitar, hal lain yang dilakukan NUsantara Mart Rejotangan dalam mengimplementasikan etika bisnis islam adalah dengan melakukan tuntunan ihsan atau kebajikan dimana pihak NUsantara Mart Rejotangan selalu memahami bahwa segala aktivitas yang dilakukan oleh NUsantara Mart Rejotangan selalu di awasi oleh Allah SWT. Dalam hal ini penerapan ihsan yaitu dengan mempertanggung jawabkan produkproduk yang dijual yaitu aman dan halal. Kendala dalam penerapan etika bisnis islam NUsantara Mart Rejotangan belum bisa terlepas dari produk asing, lalu solusi dalam kendala dengan pemenuhan produk-produk yang diinginkan masyarakat dan selalu menjalankan setiap aktivitas dengan nilai-nilai etika bisnis islam. Kata kunci: Etika Bisnis, Nilai-nilai Etika Bisnis Islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153020 AYU WIDYARTI
Date Deposited: 07 Nov 2019 06:36
Last Modified: 02 Jun 2020 08:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13748

Actions (login required)

View Item View Item