KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI SMP ISLAM AL KHOIRIYAH SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2017/2018

NAFI’ATUL AFIFAH, 1724143179 (2019) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI SMP ISLAM AL KHOIRIYAH SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (707kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)

Abstract

ABSTRAK Nafi’atul Afifah, 1724143179, “Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di SMP Islam Al Khoiriyah Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Sutopo, M. Pd. Kata Kunci: Koneksi Matematika, Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman siswa terkait materi bangun ruang sisi datar yang masih berpikir bahwa bangun ruang merupakan kumpulan bangun-bangun datar yang sifatnya masih terpisah, padahal ilmu matematika merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan satu sama lain, sehingga siswa kesulitan untuk menyelesaikan soal terkait bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan koneksi matematik dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar siswa berkemampuan tinggi,(2) untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematik dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar siswa berkemampuan sedang, serta (3) untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematik dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar siswa berkemampuan rendah kelas VIII SMP Islam Al Khoiriyah Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tes tertulis tersebut diikuti oleh 30 siswa kelas VIII B dengan 3 butir soal. Kemudian dipilih 6 siswa menjadi subjek penelitian yang mewakili jenjang kemampuan tinggi, sedang, rendah, selanjutnya observasi dan dokumentasi sebagai data penunjang. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan langkahlangkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar dapat mengkoneksikan gagasan yang ada pada soal, dapat mengkoneksikan antar konsep bangun ruang sisi datar, sekaligus dapat mengkoneksikan kejadian yang ada pada kehidupan sehari-hari ke dalam model matematika.(2) Siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar hanya dapat mengkoneksikan gagasan yang ada pada soal, namun tidak dapat mengkoneksikan antar konsep bangun ruang sisi datar dan tidak dapat mengkoneksikan kejadian yang ada pada kehidupan sehari-hari ke dalam model matematika. (3) Siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar tidak dapat mengkoneksikan gagasan yang ada pada soal, tidak dapat mengkoneksikan antar konsep bangun ruang sisi datar, dan tidak dapat mengkoneksikan kejadian yang ada pada kehidupan sehari-hari ke dalam model matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143179 NAFI’ATUL AFIFAH
Date Deposited: 08 Nov 2019 08:01
Last Modified: 08 Nov 2019 08:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13767

Actions (login required)

View Item View Item