YENY WAHYU AZZAHRO’, 17201153432 (2019) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEPRIBADIAN SISWA DI MTs AL-MUSLIHUUN TLOGO KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (197kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (112kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Yeny Wahyu Azzahro’, NIM. 17201153432, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kepribadian Siswa di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar”, Dosen Pembimbing Basuni, M.Pd. Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak, Kepribadian Penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil peningkatan kepribadian siswa belum memenuhi harapan sekolah dan masyarakat pada umumnya. Pendidikan akidah akhlak hanya dianggap sebagai pengetahuan saja, belum diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dan pengajaran materi pelajaran agama yang hanya sampai pada ranah kognitif saja, sehingga tidak mampu membentuk pribadi yang bermoral. Maka guru harus meningkatkan pembiasaan yang baik pada siswa sehingga menimbulkan dampak positif pada tercapainya visi dan misi sekolah. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatan kepribadian siswa di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan kepribadian siswa di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan dampak pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan kepribadian siswa di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. Penelitian yang peneliti lakukan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Proses pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan kepribadian siswa di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar dimulai dengan Sekolah membuat berbagai program kegiatan yang bertujuan untuk menunjang kepribadian siswa, Sekolah melakukan beberapa langkah-langkah melalui pendekatan individu dan kelompok serta yang paling penting membuat RPP untuk proses pelaksanaan pembelajaran dikelas. (2) faktor penghambatnya adalah datang dari latar belakang keluarga yang notabennya berasal dari keluarga kurang mampu maupun keluarga yang kurang harmonis, kedua dari latar belakang pendidikan siswa yang berbeda-beda, dan Adanya siswa yang kurang disiplin. Sedangkan faktor pendukungnya adalah lokasi lembaga yang masih berada di lingkungan pondok pesantren, dan latar belakang pendidikan guru yang mengajar mayoritas berasal dari pondok pesantren. (3) Dampaknya adalah siswa bisa berperilaku lebih baik seperti berperilaku sopan dan tawadhu’ pada guru, Pelanggaran tata tertib di sekolah terus berkurang, dan Tercipta kebersamaan yang hangat antara seluruh komponen yang ada di lingkungan sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153432 YENY WAHYU AZZAHRO’ |
Date Deposited: | 15 Nov 2019 03:41 |
Last Modified: | 15 Nov 2019 03:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13875 |
Actions (login required)
View Item |